JAKARTA, HOLOPIS.COM Cuaca ekstrem diperkirakan akan terjadi sepekan kedepan, mulai 31 Oktober hinngga 6 November 2021. Cuaca ekstrem, terjadi karena signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun menyampaikan, ada 33 wilayah di Indonesia yang harus mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem.

“BMKG memonitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia, di mana saat ini diindikasikan terdapat potensi signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia,” ujar Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG dalam keterangannya, Minggu (31/10).

BMKG minta agar masyarakat, untuk selalu waspada dengan cuaca ekstrem yang berpotensi menyebabkan bencana hidrologi seperti banjir.

“Untuk periode tiga hari mendatang yaitu 31 Oktober-1 November 2021, berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak, wilayah yang berpotensi dampak banjir dan banjir bandang,” tegas Guswanto.

Berikut ini daftar 33 wilayah yang berpotensi alami cuaca ekstrem selama sepekan ke depan seperi yang dirilis BMKG :

Baca selanjutnya.