GARUT, HOLOPIS.COM Puluhan rumah yang ada Desa Mandalakasih, Kecamatan Pamengpeuk, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, terendam banjir akibat luapan Sungai Cipalebuh.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, ketinggian air akibat luapan sungai tersebut mencapai 50 centimeter

“Sampai dini hari tadi, terdapat 31 rumah terdampak banjir dengan tinggi muka air 30 hingga 50 centimeter, ” kata Abdul dalam keterangan tertulis, Kamis (28/10).

Sementara itu, Abdul belum menjelaskan lebih lanjut mengenai kerugian materi akibat banjir yang merendam pemukiman warga tersebut. Namun, sejumlah warga terpaksa harus mengungsi sementara ke tempat yang lebih aman menunggu banjir surut.

“Banjir tersebut juga menyebabkan 26 KK terdampak, sementara 5 KK di antaranya mengungsi ke tempat yang lebih aman,” imbuhnya.

Petugas pun menurut Abdul, masih melakukan pendataan di lokasi dan memberikan himbauan kepada warga yang masih tetap bertahan di rumah mereka masing masing.