Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizOJK Pastikan Penawaran Pinjaman Lewat SMS Merupakan Pinjaman Online Ilegal

OJK Pastikan Penawaran Pinjaman Lewat SMS Merupakan Pinjaman Online Ilegal

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Sering dapat pesan yang menawarkan pinjaman melalui SMS berkali – kali, dapat dipastikan itu merupakan ukah dari pinjaman online ilegal. Hal tersebut disampaikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam Instagram resminya.

“Sobat OJK, pernah menerima SMS tawaran pinjaman online? Pasti ilegal. Awas pencurian data, jangan asal klik tautan ya,” seperti dikutip Holopis.com dari halamam IG @ojkindonesia, Senin (25/10).

sms
SMS yang menawarkan pinjaman online.

Menurut penjelasan OJK, tautan tersebut bisa dimanfaatkan oleh pinajamn online ilegal untuk mencuri data.

ojk
Tangkapan layar Instagram @ojkindonesia.

“Tautan tersebut bisa digunakan oleh pinjol ilegal untuk mencuri data penting dari ponselmu, seperti password, nama pengguna, serta data pribadi lainnya,” lanjut OJK.

Dalam akun instagramnya, OJK juga menjelaskan ciri dari pinjamam online yang legal yang sudah terdaftar.

“Berbeda dengan pinjol ilegal, pinjol legal yang terdaftar dan berizin di OJK tidak diperbolehkan menawarkan pinjaman melalui saluran komunikasi pribadi, seperti SMS tanpa persetujuan konsumen,” jelas OJK.

OJK pun menyarankan agar segera hapus dan blokir, jika menerima SMS penawaran pinjaman. “Jadi Sobat, jika menerima penawaran pinjaman melalui SMS, segera hapus dan blokir pesannya ya,” sarannya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.