Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Mata Uang Turki Melemah Setelah Erdogan Usir 10 Dubes Asing

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Mata uang Turki, lira, dikabarkan melemah 1.6% terhadap dollar, setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan mengumumkan pengusiran duta – duta besar dari Amerika Serika, dan 9 negara barat lainnya.

Mata uang Turki telah mencapai rekor terendah pada pekan lalu setelah bank sentral Turki (CBRT) memangkas suku bunga kebijakannya sebesar 200 basis poin, dalam langkah mengejutkan yang dipandang sembrono oleh para ekonom dan anggota parlemen oposisi.

Lira mencapai titik terendah sepanjang masa di 9,75 pada 1840 GMT pada hari Minggu, melemah dari penutupan Jumat di 9.5950. Dua orang bankir mengaitkannya dengan mengejutkan Erdogan beberapa waktu lalu.

“Saya khawatir dengan pasar keuangan Turk. Lira pasti akan berada di bawah tekanan jual yang ekstrem,” kata Tim Ashe, seorang veteran pengawas pasar berkembang di BlueBay.

Pada hari Sabtu (23/10) Presiden Erdohan mengatakan ia akan mengusir duta-duta besar kesembilan negara yang menuntunt pembebasan seorang pebisnis dan filantropis, Osman Kavala, yang telah dipenjara selama 4 tahun tanpa tuduhan yang pasti.

Musuh-musuh Erdogan mengatakan, perintah Erdogan untuk mengusir duta-duta besar tersebut adalah upaya untuk mengalihkan perhatian dari kesulitan ekonomi Turki, sementara para diplomat berharap pengusiran masih bisa dihindari.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru