JAKARTA, HOLOPIS.COM – Bagi pengendara motor, sering merasa bingung apa penyebab terjadinya motor mogok secara tiba-tiba. Sebenernya banyak pengendara motor yang mengetahui masalah utamanya, namun terkadang bingung bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Ada beberapa bahasan untuk pengendara motor agar bisa mengatasi apabila motor mogok secara tiba-tiba.

Yang diketahui setiap kejadian pasti selalu ada sebabnya, berikut ini beberapa penyebab yang sering terjadi saat motor mogok secara tiba-tiba.

  • Mesin Terlalu Panas

Masalah yang pertama apabila mengalami motor mogok yaitu kerusakan pada mesin. Sehingga menyebabkan motor tiba-tiba mati, hampir semua pengguna motor mengetahui kalau mesin motor tersebut mengalami kepanasan, sudah dipastikan penyebab utama motor mogok.

Jika memaksakan mesin untuk tetap berjalan, mesin tersebut akan ngambek karena pada sistem pembakarannya atau gesekannya antara piston dan liner terlalu panas. Hal ini juga yang menyebabkan kondisi mesin mengalami kenaikan temperatur yang drastis dan mengakibatkan pengeboran piston dan liner macet.

Untuk solusi yang bisa dipakai untuk masalah ini ialah mengistirahatkan motor agar tidak dipakai lebih dari 1 jam. Dan jika hal ini terjadi berulang kali, maka berkonsultasilah dengan mekanik terkait kondisi mesin.

  • Penggunaan Bahan Bakar Yang Salah

Selain penyebab mesin rusak, salah pilih bahan bakar juga merupakan penyebab terjadinya motor mogok. Masyarakat Indonesia sering sekali memilih menggunakan BBM, dengan harga yang sangat murah, padahal sepeda motor sebenernya tidak bisa mengkonsumsi bahan bakar itu.

  • Kondisi Oli Mesin

Ini sering menjadi penyebab utama sepeda motor rusak. Ada pengguna motor yang jarang sekali mengganti oli mesin. Oli mesin memiliki umur pakai, sehingga para pengguna motor dianjurkan untuk mengganti oli secara teratur.

Jika tidak mengganti oli mesin secara teratur, akan mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin, yang pada akhirnya masalah akan menyebar kebagian lainnya. Kalau pergantian oli dilakukan secara rutin, maka fungsi oli mesin tersebut membantu dengan sendirinya untuk menghilangkan kerusakan pada setiap komponennya, sehingga lebih mudah untuk dijalankan.

  • Penempatan Katup/Klep

Masalah yang biasanya terjadi pada motor mogok ialah pengaturan klep yang salah. Inilah penyebab motor mogok sering terjadi.

Kebanyakan pengguna motor sering mendatangan bengkel-bengkel yang tak resmi hanya karena tergiur harga lebih murah. Padahal bengkel tak resmi sering sekali memasangkan klep yang terlalu kencang atau tidak pas pada motor, sehingga motor akan mengalami mesin mati atau bahkan mesin berhenti secara terus menerus.

Agar mesin cepat panas atau overhead cara yang paling mudah yaitu dengan menyarankan untuk mengikuti setting yang ada di pabrikannya, atau menyarankan menggunakan bengkel resmi motor yang digunakan. Saat mengatur mesin juga harus dingin atau tidak abis menempuh perjalanan yang sangat jauh. Sebaiknya dibawa ke bengkel agar posisi klep bisa terpasang dengan baik dan tentunya tidak akan menimbulkan masalah lain.

  • Pemasangan Filter Motor

Masalah yang terakhir ialah kecelakaan motor biasanya terjadi karena adanya filter udara yang cukup kotor, ini yang perlu diperhatikan bahwa fungsi filter udaranya sangat besar. Seperti penyaringan dan juga membantu menjaga kotoran dan debu agar tidak bercampur.

Adanya filter-filter ini jelas membantu motor untuk berjalan dengan baik namun komponen ini tidak akan bisa berjalan, jika kita malas membersihkannya, hal ini justru akan membuat motor semakin macet dan mesin tidak bisa bekerja dengan baik.