JAKARTA, HOLOPIS.COM – Banyak sekali ditemukan manfaat dari kandungan susu untuk perawatan tubuh. Minuman yang sehat ini juga mengandung kalsium dan vitamin.

Susu yang baik terdapat kandungan vitamin A dan D, serta asam laktat yang tinggi. Susu juga sering ditemukan dalam lotion, sabun, lulur dan juga krim wajah.

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam susu mampu meningkatkan kesehatan pada kulit. Produk perawatan yang mengandung susu dipercaya mampu mencerahkan dan membuat kulit lebih awet muda.

Tekstur pada susu yang lembut, membuat susu sangat cocok dijadikan masker wajah, susu juga dapat membantu kulit menjadi cerah, halus, lembut dan bebas kerutan.

Susu Murni
Ilustrasi Susu Murni.

Lantas apa saja manfaat dari susu untuk kecantikan?

Manfaat Susu Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Kulit

  • Membersihkan Wajah

Kandungan asam laktat yang merupakan bahan asam alfa hidroksi (AHA), bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru.

Selain mengangkat sel kulit mati, susu juga dapat membersihkan pori-pori dari minyak berlebihan, kotoran, dan bahkan komedo.

Cara pemakaian : Taruh 100 gram susu didalam mangkuk kaca, dan tambahkan seperempat air lemon. biarkan di wajah selama 7-10 menit lalu basuh dengan air.

  • Atasi Jerawat Pada Wajah

Susu juga bisa terasa menenangkan saat dioleskan pada jerawat yang timbul dan terasa menyakitkan. Kandungan vitamin D dalam susu juga bisa mengatasi jerawat, karena jerawat timbul saat kekurangan vitamin D.

Susu juga bisa menghilangkan minyak yang berlebihan dan juga mencegah kekeringan pada kulit. Oleh karena itu, masalah jerawat akibat minyak dan kekeringan dapat diatasi.

  • Mencerahkan Wajah

Susu dapat dipercaya mampu mencerahkan kulit. Asam laktat yang berasal dari susu dipercaya bisa mencerahkan kulit dan biasanya juga ditemukan dalam kandungan krim. Dalam krim tersebut, biasanya bisa mengatasi masalah flek hitam.

Susu murni dapat meratakan warna kulit dan membuat kulit bersih dari minyak dan kotoran. Susu juga dapat membantu kulit untuk lebih cerah dan mengencangkan wajah.

  • Mengangkat Sel Kulit Mati

Tingkat asam alami yang ada di susu dan kandungan asam laktat menjadikannya bahan pengelupasan yang populer saat ini. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa asam laktat sangat pekat mendorong pergantian sel sekaligus membersihkan sel kulit mati.

Susu biasanya digunakan sebagai campuran eksfoliasi rutin. Kalau kita melakukan eksfoliasi secara rutin, dapat membantu mencegah pori-pori tersumbat dan jerawat bisa terhindari. Eksfoliasi dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan meningkatkan efektivitas produk perawatan kulit dengan cara meningkatkan penyerapan.

  • Mengatasi Sunburn Dan Peradangan

Susu dingin yang ditaro pada waslap dapat membantu mengeluarkan panas dari lapisan kulit setelah terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama. Susu juga dipercaya dapat menenangkan kulit dan mencegah kulit meradang.

Gunakan susu kaleng yang dapat disimpan di lemari pendingin untuk membuat kompresab susu dingin yang dipercaya dapat meredakan panas dan peradangan akibat paparan sinar matahari.

  • Melembabkan Kulit

Susu memiliki sifat melembabkan pada kulit. Susu memelihara lapisan kulit yang lebih dalam dan menghidrasi kulit. Kita bisa menggunakan susu sebagai masker wajah untuk menikmati kulit yang kencang dan lembab.

Cara pemakaian : campur 2 sendok makan susu murni dan 1 sendok madu, lalu oleskan pada wajah, dan biarkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air untuk mendapatkan kulit yang bersih dan juga lembab.

  • Cegah Penuaan Dini

Susu bisa dijadikan toner wajah yang dapat membantu mencegah munculnya bintik matahari, garis halus, kulit terkelupas dan kerutan.

Susu murni mampu membuat kulit bercahaya dengan menghilangkan bintik hitam dan bekas jerawat. Minumlah susu secara rutin juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

  • Pelingdung Kulit Dari Sinar Matahari

Susu dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Sinar UV dari matahari dapat menyebabkan penuaan dini. Paparan dari sinar matahari bisa memicu garis halus, kerutan dan juga bintik hitam pada kulit.

Susu murni juga dapat mencegah penggelapan pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Susu dipercaya dapat membantu melindungi kulit dari dampak buruk matahari.

Cara pemakaian : campur susu murni dan yogurt lalu oleskan sebelum dan sesudah beraktivitas dibawah sinar matahari.

Lantas adakah efek samping bila kita menggunakan susu pada wajah?

Tentu saja ada, menggunakan susu di wajah mungkin bisa menimbulkan efek samping. Efek samping yang utama dapat dirasakan oleh penderita alergi ataupun yang sensitif pada susu. Ada 65% populasi dunia yang memiliki kepekaan atau alergi pada susu sapi.

Mengkonsumsi susu dapat menyebabkan masalah pencernaan dan ada efek samping pada kulit. Apabila susu digunakan di wajah, biasanya timbul gatal-gatal, pradangan dan juga kemerahan. Mengoleskan susu ke wajah dapat menyebabkan gatal-gatal atau reaksi lainnya bagi orang yang sensitif terhadap susu.