JAKARTA, HOLOPIS.COM – BMKG memperdiksi sejumlah wilayah di Indonesia, terutama di Pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan bakal mengalami hujan lebat yang disertai angin kencang dan kilat pada Sabtu (23/10).

Hujan lebat disertai angin kencang dan kilat berpeluang terjadi di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Situasi juga diperkirakan terjadi di wilayah Provinsi Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.

BMKG turut menyampaikan peringatan mengenai potensi bencana banjir di sejumlah kawasan itu, terutama Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung.

Dua kawasan di Kalimantan, yakni Kalimantan Utara, dan Kalimantan Barat juga berpotensi banjir akibat hujan lebat.

Sementara itu, beberapa kawasan seperti Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua diprakirakan mengalami hujan dengan lebih ringan.

Di DKI Jakarta, hujan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari.