JAKARTA, HOLOPIS.COM – Saat ini laptop bukan lagi barang yang terbilang mahal, karena pasaran harga laptop dimulai dari low hingga high.

Laptop merupakan barang penting yang banyak dipergunakan oleh masyarakt dari penjuru negara. Bukan hanya untuk kepentingan berbisnis, sekarang juga banyak dimiliki hanya untuk gaya hidup, keperluan sekolah bagi siswa maupun mahasiswa.

Sebagian banyak orang belum paham bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar, atau bahkan sekarang banyak orang yang jarang sekali memperhatikan kondisi laptopnya. Nyatanya, daya tahan laptop berbeda dengan daya tahan PC yang cenderung lebih tahan lama dan tahan banting.

Merawat laptop tidak perlu membawa laptop ke tempat service secara terus menerus, kita bisa merawat laptop tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak. Lantas bagaimana cara perawatannya?

  • Bersihkan Laptop

Salah satu cara merawat laptop yang banyak sekali dilupakan oleh para pengguna laptop yaitu membersihkan laptop. Banyak laptop yang rusak hanya karena kotor terutama dibagian kipas pendingin. Debu merupakan faktor utama yang membuat laptop kalian jadi lambat dan mudah panas.

Bagian-bagian yang perlu diperhatikan kebersihannya, yaitu layar, keyboard, baterai, port USB, serta lubang sirkulasi udara.

  • Gunakan Stabilizer Listrik

Jika laptop terus digunakan untuk bekerja, sebaiknya gunakan tambahan stabilizer listrik untuk menjaga arus agar tetap stabil sehingga kenyamanan saat bekerja tetap terjaga.

  • Hindari Makanan dan Minum Didekat Laptop

Bagi pengguna laptop yang suka ngemil, hindari makan atau minum didekat laptop agar cairan dan makanan yang tidak sengaja ditumpahkan, tidak mengenai bagian laptop seperti keyboard yang bisa masuk ke komponen laptop.

  • Taro Laptop Ditempat Yang Datar

Tips yang satu ini yang harus kalian perhatikan. jangan taro laptop kalian diatas permukaan kasur ataupun selimut, sebab dipermukaan yang lembut sirkulasi udara pada laptop tertutup dan mengakibatkan udara panas dalam laptop tidak keluar, itu lah yang bikin laptop kalian lebih cepat panas. Sebaiknya taro laptop kalian di atas permukaan yang rata seperti meja atau permukaan datar lainnya.

Jika kalian ingin menggunakan laptop diatas kasur, sebaiknya tambahkan cooling pad atau meja portable.

  • Berikan Waktu Istirahat Pada Laptop

Tidak disarankan untuk menyalakan laptop secara nonstop, karena daya tahan laptop tidak lebih kuat dari daya tahan komputer. Laptop yang dipergunakan terlalu lama dapat mengakibatkan overheating (panas berlebihan). Sebaiknya gunakan cool pads untuk membuat suhu laptop tetap stabil.

  • Jangan Memainkan Games Dilaptop Dengan Kualitas Yang Berat

Jangan menjalankan aplikasi atau game berat di laptop kecuali laptop memiliki spesifikasi yang memenuhi spec yang sudah ditentukan app dan game tersebut, Karena app dan game berat dibuat untuk komputer. Jika kita memaksa untuk menggunakannya hal tersebut kerja processor, RAM VGA akan sangat berat dan membuat laptop cepat panas.

  • Jangan Menaruh Barang Berat Diatas Laptop

Banyak orang yang menyepelekan hal ini, padahal hal ini bisa menyebabkan kerugian yang fatal, yang bisa menyebabakan banyak kerusakan seperti pecah layar atau rusaknya komponen-komponen lainnya.

  • Jangan Biarkan Laptop Dalam Kondisi Tidur Atau Menyala Saat Berpergian

Kondisi storage atau harddisk pada laptop masih bekerja saat laptop dalam kondisi tidur, itulah kenapa laptop dalam kondisi tidur tidak disarankan untuk dipindah ataupun dibawa kemana pun, kondisi tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada harddisk dan jika sudah rusak, data yang kamu punya bisa rusak atau hilang.

Beberapa tips diatas bisa dipergunakan. Sayangi laptop kalian agar tidak cepat rusak dan bisa dipergunakan secara jangka panjang.