Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizWapres Ma'ruf Klaim Jadikan Indonesia Pusat Rantai Nilai Halal Global

Wapres Ma’ruf Klaim Jadikan Indonesia Pusat Rantai Nilai Halal Global

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pemerintah mengklaim salah satu langkah menyelamatkan perekonomian di masa pandemi saat ini adalah dengan menjadikan Indonesia sebagai pusat rantai nilai halal global (global halal value chain).

Wakil Presiden Ma’ruf Amin beralasan, kondisi perekonomian Indonesia saat ini masih rentan karena dampak dari pandemi Covid-19 tersebut. Sehingga, peluang yang ada harus benar benar digunakan.

“Saya mengajak kita semua untuk mengerahkan perhatian dan energi kita pada upaya-upaya mengembangkan halal value chain,” kata Ma’ruf pada acara Halal Trade Forum, Trade Expo Indonesia Tahun 2021,Jumat (22/10).

Ma’ruf menjelaskan, setidaknya ada empat langkah strategis yang dapat dilakukan untuk pengembangan halal value chain di Indonesia. Langkah tersebut yakni akselerasi sertifikasi halal; menguasai ekosistem pendukung ekspor produk halal, dimulai dari bahan baku, produksi, standar dan prosedur ekspor, hingga ke pemasaran; membuka dan menangkap peluang ekspor produk halal di era pemulihan ekonomi saat ini; serta kolaborasi dan integrasi usaha besar dengan koperasi dan UMKM.

Agar keempat langkah strategis tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, Ma’ruf juga mengimbau para pemangku kepentingan untuk membuat kebijakan pengembangan halal value chain secara utuh, tidak egosektoral.

“Rantai nilai halal itu harus saling terintegrasi dan dikembangkan secara simultan, mulai dari infrastruktur regulasi, pengembangan industri halal, keuangan syariah, dana sosial syariah, serta para pelaku usaha dan bisnis syariah,” paparnya.

Di sisi lain, Ma’ruf juga menekankan pentingnya fokus pada sektor yang berpotensi untuk tumbuh positif, seperti sektor makanan dan pertanian.

“Saya menilai kita perlu fokus pada sektor yang berpeluang tumbuh positif. Sektor makanan dan sektor pertanian adalah dua sektor yang pertumbuhannya berada di atas pertumbuhan PDB nasional,” ungkapnya.

Terkait penyelenggaraan Halal Trade Forum, Wapres meyakini bahwa forum ini dapat menjadi peluang bagi para pembeli dan mitra dagang Indonesia dalam melakukan eksporasi produk dan membangun jejaring kerja.

“Saya optimis para eksportir Indonesia akan memperoleh kesempatan mengenal dan mengeksplorasi produk unggulan serta menjalin kemitraan yang saling menguntungkan,” ujarnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.