Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Gus Nadir Dorong Pemerintah dan Kwarnas Larang Kegiatan Susur Sungai

JAKARTA, HOLOPIS.COM Rais Syuriyah Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Australia – Selandia Baru, KH Nadisyah Hosen menilai, kabar tewasnya 11 orang pelajar di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Harapan Baru Cijantung, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tidak perlu sampai terjadi.

“Ini tragedi,” kata Gus Nadir, Sabtu (16/10).

Apalagi insiden kecelakaan ini terjadi karena para siswa mengikuti kegiatan pramuka yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Gus Nadir meminta menilai bahwa pihak sekolah khususnya pembina Pramuka yang bersangkutan bertanggungjawab penuh.

“Pihak sekolah dan pembina Pramuka harus bertanggungjawab,” ujarnya.

Kemudian, tokoh NU yang kini menjadi dosen di Monash University itu menilai bahwa kegiatan alam yang membahayakan jiwa manusia bisa ditiadakan, apalagi jika kegiatan tersebut mengabaikan unsur pengamanan.

“Kegiatan semacam ini sebaiknya ditiadakan. Sudah berkali-kali menimbulkan korban. Tidak ada persiapan keamanan sampai keselamatan,” tuturnya.

Ia meminta juga kepada pemerintah terkait dengan Kwarnas yang membidangi kepramukaan agar melarang seluruh kegiatan yang berpotensi menimbulkan bahaya bagi peserta didik.

“Ganti dengan kegiatan lain yang lebih aman. Pemerintah dan Kwarnas Pramuka harus melarang,” pungkasnya.

Perlu diketahui, bahwa para pelajar dari MTs Harapan Baru Cijantung mengikuti kegiatan pramuka dengan aktivitas susur sungai. Ada sebanyak 150 siswa kelas 7 dan kelas 8. Namun dalam insiden penyeberangan sungai, ada 21 orang siswa yang menjadi korban, kemudian diketahui hanya 10 orang yang berhasil selamat, sementara 11 orang lainnya hilang.

Untuk melakukan penelusuran para korban, setidaknya tim gabungan dikerahkan ke sungai Sungai Cileueur, Dusun Wetan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Mereka terdiri dari Tim BPBD Ciamis, BPBD Banjar, Basarnas, Kodim 0613 Ciamis, Polres Ciamis, PMI Ciamis, Polsek Cijeunjing dan Kormail Cijeunjing.

Adapun daftar korban meninggal dunia berdasarkan data BPBD Ciamis, yaitu sebagai berikut:

1. Aldo
2. Fatah
3. Candra Rizki
4. Alfian
5. Khansa
6. Dea rizki
7. Aditya
8. Kafka
9. Fahrur
10. Fadzri
11. Siti Zahra

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru