Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Sakit Saat Datang Bulan, Ini Larangan Yang Harus Dihindari!

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menstruasi adalah hal yang tidak dapat dihindari oleh seorang wanita, begitu juga dengan efek yang ditimbulkannya. Efek yang ditimbulkan biasanya kram pada perut, lesu, nyeri payudara, rasa tidak nyaman, dan suasana hati yang berubah-ubah. Hal tersebut disebabkan oleh Hormon Esterogen pada perempuan.

Pada saat haid rasa ingin bermalas-malasan memang ada, tetapi berdiam diri salah satu hal yang harus dihindari saat menstruasi. ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kalian haid.

Apa Saja Yang Perlu Dihindari Saat Haid?

Menghindari beberapa kebiasaan tertentu dapat membuat keluhan yang dirasakan saat haid menjadi lebih ringan dan mencegahnya menjadi memburuk. Adapun larangan saat haid yang sebaiknya dipatuhi oleh wanita, antara lain :

  • Waxing

Saat menstruasi, ada perubahan pada hormon estrogen dan progesteron yang membuat tubuh kita menjadi lebih peka terhadap rasa sakit dan kulit kita menjadi lebih sensitif. Oleh sebab itu, hindari melalukan waxing yang membuat tubuh kita merasakan sakit dua kali lipat. Jika kalian ingin melakukannya, tunggu hingga menstruasi selesai dan kedua hormon tersebut kembali normal.

  • Mengkonsumsi Makanan yang mengandung Asin

Ketika haid datang, biasanya nafsu makan wanita meningkat. Dengan kita mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam biasanya membuat gejala haid menjadi lebih buruk., yang menyebabkan perut sering terasa kembung.

Oleh sebab itu, sebaiknya saat haid tiba, hindari mengkonsumsi makanan yang asin. Cobalah perbanyak makan sayur, kacang-kacangan, buah segar.

  • Berhubungan Intim Tanpa Pengaman

Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa berhubungan intim saat haid dapat meningkatkan risiko tertular penyakit menular seksual. Peningkatan risiko ini terjadi karena penyakit yang ditularkan melalui darah lebih mudah berpindah.

Oleh sebab itu, sebaiknya menahan dulu untuk tidak berhubungan intim atau boleh menggunakan pengaman.

  • Berdiam Diri

Saat menstruasi, umumnya wanita memang ‘mager’ alias malas gerak dan “Baper” alias bawa perasaan. Oleh karena itu, kita harus melakukan hal-hal yang membuat badan tetap bergerak, seperti berolahraga, menonton televisi, melakukan apa saja yang bikin suasana hati menjadi baik.

  • Menggunakan Pembalut Terlalu Lama

Mengganti pembalut saat haid harus dilakukan secara teratur karena hal tersebut penting dalam menjaga kebersihan area kewanitaan. Namun, sebagian wanita lupa atau secara sengaja menggunakan satu pembalut untuk waktu yang lama, bahkan sampai seharian. Hal tersebut bisa menyebabkan infeksi bakteri atau jamur. Sebaiknya, patuhi larangan ini saat haid, dengan mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali ketika menstruasi. Tetaplah ganti pembalut, meskipun pembalut belum ‘penuh’.

  • Mengkonsumsi Susu dan Produk Berbahan Dasar Susu

Selama menstruasi, sebaiknya hindari mengonsumsi susu maupun produk berbahan susu. Sebab susu dapat membuat perut terasa kembung. Kandungan gas yang banyak dalam perut karena pengaruh hormon bisa diperburuk dengan mengonsumsi susu atau produk berbahan susu. Hal ini bahkan juga dapat memicu terjadinya kram atau iritasi usus.

  • Begadang

Saat Haid, kita memerlukan waktu istirahat yang cukup. Tidur merupakan hal yang penting untuk membuat tubuh beristirahat dan memulihkan energi. Begadang atau tidur lebih sedikit dari biasanya bisa meningkatkan hormon stres kortisol. Hal ini dapat memicu terjadinya ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan gejala premenstruasi semakin berat, sehingga disarankan untuk tidak melakukan kebiasaan begadang.

 

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru