Ia mengatakan tidak sedikit masyarakat yang menerima bantuan sosial adalah mereka yang sebenarnya memiliki kemewahan dalam kehidupannya sehari-hari.

Selain itu, Sri Mulyani juga berpendapat bahwa Baim Wong yang kerap kali menunjukkan aksinya dalam berbagi rejeki di kanal Youtube, sebenarnya menyalahi aturan dalam memberi, sehingga menghadapi orang-orang yang tiba-tiba meminta rejeki darinya, sudah menjadi sebuah risiko.

“Memberi dengan tangan kanan, tangan kiri tidak perlu tahu. Tidak terpuji dalam cara memberi akhirnya menjadi boomerang,” lanjut Sri Mulyani.

Selain kecemburuan sosial, didikan orang tua juga merupakan faktor utama budaya meminta-minta sangat ‘subur’ di Indonesia.

Sri Mulyani menambahkan, terlepas dari kondisi ekonomi keluarga, biasanya orang tua mengondisikan anak untuk selalu dibantu dan dimanjakan, sehingga terbiasa menerima. Terlihat dari budaya THR, meminta traktir gaji pertama, minta ditraktir teman yang ulang tahun, dll, sehingga terbentuklah mental suka meminta tanpa melakukan usaha.