Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Yuk Kenali Gejala Depresi dan Tips Menanggulanginya

Cara Menangani Gejala Depresi

Gejala depresi yang ditimbulkan memang tidak selalu sama antara satu orang dengan yang lainnya, begitu pula dengan cara penanganannya. Penanganan orang depresi secara umum biasa dilakukan melalui obat-obatan yang diberikan oleh psikoterapi. Mencoba untuk mandi pagi juga dapat membantu meredakan gejala depresi.

Penanganan dengan obat-obat sangat baik dalam penanganan gejala depresi, terutama pada gejala yang ditimbulkan dari aspek fisik. Biasanya aspek lainnya ditangani oleh psikoterapi yang profesioanl. Berikut ini ada beberapa jenis terapi yang biasanya diberikan oleh psikoterapi ke penderita depresi :

  • Terapi kemampuan sosial
  • Terapi pemecahan masalah (Problem Solving)
  • Terapi kognitif dan perilaku
  • Terapi interpersonal
  • Terapi psikodinamika

Jika kita mengalami gejala di atas, atau bahkan orang sekitar kita mengalaminya, jangan ditunda untuk segera menanganinya. Silakan mulai mencoba untuk menceritakan permasalah ini saa orang yang kalian percaya atau bisa ke kerabat, sebab dukungan dari orang yang dipercaya memegang peran yang sangat penting bagi pemulihan penderita depresi.

Kalau ternyata memerlukan untuk mengunjungi psikolog atau psikiater, segeralah untuk mencari yang aman dan tepat, agar kalian dapat menemukan cara terbaik untuk menghadapi penyebab depresi yang sedang dialami. Tujuannya bukan untuk kita diklaim gila atau sakit tetapi untuk membantu memperbaiki kesehatan jiwa dalam waktu yang panjang.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru