Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Unggah Foto Hoaks, Tjahjo Kumolo Minta Maaf

JAKARTA, HOLOPIS.COMMenteri Pemberdayaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo menyampaikan permohonan maafnya karena menyebar foto hoaks Jalan Tol Cisumdawu di akun Twitter pribadinya.

Mantan Sekjen PDI Perjuangan itu mengakui bahwa dirinya mendapatkan informasi yang salah terkait dengan foto jalan tol yang tampak membelah bukit itu.

“Mohon maaf postingan jalan Tol di Jabar ternyata salah, bukan di Jabar, saya dapat informasi salah, terima kasih (atas) perhatiannya,” kata Tjahjo, Minggu (10/10).

Sebelumnya, tweet ngawur Tjahjo Kumolo ramai dihujat publik karena obyek yang disasar ternyata salah. Di mana di dalam unggah foto yang kini telah ia hapus itu, kader PDI Perjuangan tersebut menyebut bahwa penampakan foto adalah Tol Cisundawu (Cileunyi – Sumedang – Dawuan).

“Jalan Tol terkeren di Indonesia, CISUMDAWU (CILEUNYI – SUMEDANG – DAWUAN) yang membelah gunung dan masuk gunung, memungkinkan Bandung <> Tegal ditempuh hanya dalam 2 jam, Bandung <> Semarang hanya 3,5 jam,” tulis @tjhajo_kumolo.

Namun berdasarkan penelusuran yang dilakukan, ternyata gambar yang diunggah ulang oleh Tjahjo Kumolo tersebut adalah jalan tol D400 Mersin-Antalya di Turki.

Bahkan gambar ini juga pernah salah diunggah oleh netizen yang akhirnya diluruskan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui layanan [Disinformasi] pada tanggal 26 Maret 2019 silam oleh akun Facebook “Emak-emak Cyber Army”.

Jalan Tol Turki
Ini jalan tol di Turki yang salah di-posting Tjahjo Kumolo.
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asal Muasal Mitos ‘Ada yang Rindu Jika Bulu Mata Rontok’

Mitos tentang bulu mata yang rontok dan kepercayaan bahwa ada yang merindukan kita sudah ada sejak lama didengar, bahkan dipercayai di berbagai budaya.

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru