Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Suka Makan Jengkol? Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan

HOLOPIS.COM – Jengkol, atau dalam bahasa latin Archidendron pauciflorum, banyak ditemukan di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Tumbuhan ini sering dikonsumsi sebagai lalapan ataupun semur.

Bau jengkol dapat bertahan lama tak hanya di mulut. Ketika buang air kecil sekalipun, jengkol menimbulkan bau yang cukup khas. Hal inilah yang pada akhirnya mengurungkan niat seseorang untuk mencicipi makanan ini.

Meski memiliki bau yang menyengat, manfaat jengkol untuk kesehatan tidak main-main. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat jengkol dalam menangkal radikal bebas diperoleh dari kandungan jengkol yang meliputi vitamin A dan C. Keduanya bertindak sebagai antioksidan yang dapat mengatasi radikal bebas, pencetus daya tahan tubuh menurun.

2. Membantu Jantung Tetap Bekerja Optimal

Manfaat jengkol untuk kesehatan tidak terlepas dari kandungan vitamin A dan C yang berperan sebagai antioksidan. Karena kandungan antioksidan tersebut, jengkol dapat mencegah berbagai racun yang perlu dibuang oleh tubuh.

Pada akhirnya, kerja jantung tidak akan berlebih dan tetap bertugas sesuai kemampuannya sehingga kesehatan Anda akan tetap terjaga. Peredaran darah ke seluruh tubuh juga akan lancar dan tidak terganggu.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat jengkol lainnya adalah mengontrol kadar gula dalam darah, terutama bila Anda memiliki faktor risiko diabetes dalam keluarga. Khasiat ini diperoleh dari kandungan asam jengkolat dalam jengkol.

4. Menjaga Keseimbangan Metabolisme Tubuh

Asam folat dan vitamin B6 dibutuhkan agar tubuh dapat menjalankan berbagai fungsinya dengan baik. Kandungan asam folat ini sangat diperlukan wanita hamil karena baik untuk perkembangan janin.

Salah satu tumbuhan yang mengandung asam folat adalah jengkol. Namun demikian, manfaat jengkol ini tidak boleh langsung membuat Anda kalap. Ingatlah untuk tidak mengonsumsi jengkol secara berlebihan.

5. Mencegah Terjadinya Anemia

Kandungan zat besi yang cukup banyak pada jengkol berguna dalam memperbanyak produksi sel darah merah. Kandungan tersebut membuat manfaat jengkol dapat mengusir kemungkinan terjadinya anemia.

Penyakit anemia sering ditandai dengan tubuh yang merasa letih, lemah, lesu, dan lunglai. Kondisi ini bisa disiasati dengan konsumsi jengkol.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru