JAKARTA, HOLOPIS.COM – Timnas Indonesia sukses menang 2-1 atas Taiwan pada laga play off kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand, Kamis (7/10).

Dua gol kemenangan skuad Garuda dicetak oleh Ramai Rumakiek pada menit ke-19 dan kapten tim Evan Dimas di menit ke-51. Satu gol lawan dicetak oleh Hsu Heng-pin di menit ke 90+1.

Pelatih Shin Tae-yong harus menunggu 649 hari untuk memberikan kemenangan perdana bagi timnas Indonesia senior. Shin Tae-yong ditunjuk PSSI menjadi pelatih pada 28 Desember 2019. Namun, akibat pandemi covid-19 ia melewatkan tahun 2020 tanpa menjalani laga resmi bersama skuad Garuda.

Indonesia langsung bermain menekan dari menit pertama, dibawah permainan keras Taiwan. Meskipun, ancaman awal didapat oleh bek timnas, penggawa dan Riyandi masih bisa mengamankan gawangnya.

Dalam satu serangan dari tim Garuda di sisi kiri, dimana umpan silang Miftah Sani langsung disambar oleh Rumakiek yang bisa mengontrol bola dengan baik dan langsung menceploskannya ke gawang lawan yang dijaga oleh Shin Shin-an. 1-0 untuk keunggulan Evan Dimas, cs.

Namun, sang pencetak gol harus menepi, karena mengalami cedera. Babak pertama berkali-kali mencoba melakukan serangan, baik dari Egy Maulana Vikri yang masuk menggantikan Rumakiek, Kushedya Hari Yudo atau Evan Dimas. Tapi keduanya memaksa mengakhiri babak pertama dengan skor 1-0.

Memulai babak kedua, Miftah yang mengalami cedera digantikan oleh Pratama Arhan. Gol Indonesia kembali dicetak pada menit ke-50 oleh Evan Dimas, sang kapten berhasil memanfaatkan bola umpan matang dari Yudo dari satu skema serangan di sebelah kiri sisi. 2-0 untuk tim Garuda.

Indonesia terus menekan lawan, berkali-kali Egy Maulana Vikri yang penasaran ingin mencetak gol malam ini, masih belum dapat kesempatan itu.

Memasuki menit-menit akhir, konsentrasi timnas Indonesia terpecah, dan harus dibayar mahal dengan bobolnya gawang Riyandi oleh Hsu Heng-pin. Pemain nomor 16 itu memanfaatkan peluang kecil yang tanpa ragu langsung menendang bola ke gawang Indonesia.

Sampai menit terakhir, kedua tim menuntaskan permainan dengan hasil akhir 2-1 untuk keunggulan Indonesia.

Seusai laga pelatih Shin Tae Yong mengakui timnya banyak peluang yang seharusnya bisa menjadi gol. Namun meski begitu ia tetap memuji kerja keras anak asuhnya.

“Pertama saya ingin mengucapkan selamat kepada para pemain timnas Indonesia. Para pemain memang sudah bekerja keras, tapi ada banyak peluang cetak yang gagal dimanfaatkan menjadi gol,” kata Shin Tae Yong seperti dilansir dari pssi.org, Jumat (22/10).

“Kemasukan gol di menit terakhir seharusnya tidak terjadi. Tapi, tim ini masih berproses dan bisa lebih baik lagi kedepannya. Selanjutnya kami akan fokus pada pertandingan leg kedua, kami yakin mampu meraih hasil terbaik lagi,” tambah Shin Tae-yong.

Kedua tim akan bertemu lagi pada Senin (11/10) mendatang di tempat yang sama.