JAKARTA, HOLOPIS.COM – Tombol klakson pada mobil biasanya terdapat dibagian tengah setir, namun pabrikan mobil asal Korea Selatan Hyundai justru berencana akan menggantikan tombol klakson dengan sebuah layar.

Paten terbaru Hyundai tersebut, sedang diajukan sebagai bagian teknologi masa depan. Nantinya, layar tersebut akan berfungsi untuk menggantikan panel instrumen konvensional yang biasanya ada di belakang setir.

Layar tersebut memiliki fungsi, mulai dari informasi seperti putaran mesin, kecepatan, dan lain-lainnya. Untuk letaknya, diposisikan melintang dari kiri ke kanan tepat di bawah posisi mengemudi dengan dua tangan berada di jam 9-3 seperti biasanya.

Lalu bagaimana dengan fitur keamanannya, karena saat mobil dikendarai maka posisi setir yang terus bergerak diperkirakan akan membuat layar juga mengikuti pergerakan. Kondisi tersebut, akan membuat kesulitan jika harus melihat informasi dari layar yang tidak berada di posisi tetap atau diam.

Tidak hanya itu, pengemudi akan sedikit kesulitan saat akan melihat informasi di layar. Karena, posisi layar berada di bawah mata pengemudi. Posisi airbag juga akan jadi pertanyaan, apakah akan tetap dipasang dibalik kemudi atau akan dipindahkan.