Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Akhirnya Kabareskrim Diminta Cawe-cawe Kasus BLBI

JAKARTA, HOLOPIS.COM Presiden Joko Widodo akhirnya memerintahkan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri untuk ikut campur di dalam tugas-tugas Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI (Satgas BLBI).

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Menko Polhukam sekaligus Ketua Dewan Pengaras Satgas BLBI, Prof Mohammad Mahfud MD. Ia menyampaikan, bahwa amanah ini disampaikan Presiden melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 16 Tahun 2021.

Dikatakan Mahfud, masuknya Kabareskrim di dalam tim internal Satgas BLBI ini penting untuk menyisir potensi pelanggaran pidana di dalamnya.

“Di dalam Keppres baru ini, ada nama Kabareskrim, masuk di sini karena kalau ada masalah pidana akan segara ditangani,” kata Mahfud, Kamis (7/10).

Kabareskrim akan bermitra dengan Kejaksaan Agung dalam penanganan perkara pidana jika terjadi di dalam upaya pengusutan dan penarikan aset negara.

“Apa misalnya masalah pidananya? Tanah sudah diselesaikan kepada negara secara sah, tiba-tiba dijual dengan dokumen palsu dan sebagainya, itu nanti pidana. Negara akan turun tangan ada Bareskrim, ada Jamdatun dan Kejaksaan Agung,” jelasnya.

Selain Kabareskrim, di dalam Keppres yang diteken oleh Presiden pada tanggal 6 Oktober 2021 tersebut juga menyebut Menteri Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ART/BPN).

Mahfud mengharapkan semua tim yang sudah diamanahkan Presiden tersebut bisa bekerjasama untuk melakukan tugas negara ini. Sekaligus mengingatkan agar para obligor dan debitur bisa kooperatif.

“Saya ingin semuanya bekerjasama, mengembalikan hutangnya kepada negara. Karena negara sekarang membutuhkan untuk dikembalikan kepada rakyat. Digunakan untuk kepentingan rakyat, itu tugas negara,” ujarnya.

“Jangan main-main, rakyat sekarang sedang susah, berkali-kali saya katakan, kalau anda main-main nanti akan ada langkah-langkah berikutnya,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Susi Bersyukur Philips Berhasil Bebas, Ucap Terima Kasih ke Jokowi-Prabowo dan TNI Polri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bos Susi Air, Susi Pudjiastuti menyampaikan...

Pilot Susi Air Bebas dari Jerat Teroris Papua

Satgas Cartenz akhirnya berhasil membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh teroris Papua atau OPM kelompok Egianus Kogoya.

Bos Pajak Bantah Ada Kebocoran Data NPWP dari Sistem DJP

Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Suryo Utomo membantah adanya indikasi kebocoran dara langsung dari sistem di Direktorat Jenderal Pajak atau DJP, utamanya perihal dengan pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakan wajib pajak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru