INTERNASIONAL, HOLOPIS.COM – Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan bertemu secara virtual di akhir tahun 2021. Informasi ini diungkap oleh seorang pejabat senior AS, Rabu (6/10).

Pertemuan virtual tersebut diumumkan setelah Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan bertemu di Zurich dengan diplomat top China, Yang Jiechi.

“Ada kesepakatan yang prinsip untuk melakukan bilateral virtual meeting,” kata pejabat itu seperti dikutip dari AFP, Kamis (7/10).

Pejabat itu menambahkan Biden senang bakal bertemu dengan Xi. Apalagi, mereka sudah tak bertemu dalam beberapa tahun terakhir.

“Kami berharap mereka memiliki kemampuan untuk bertemu satu sama lain, meskipun hanya secara virtual”, ujar pejabat itu.

Sebelumnya, ketegangan hubungan AS dengan China meningkat belakangan ini. Peningkatan ketegangan dipicu sikap agresif China terhadap Taiwan, keputusan AS untuk menjual kapal selam nuklir ke Australia, sengketa perdagangan dan pelanggaran hak asasi manusia terhadap Uyghur di Xinjiang.