Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Antisipasi Korban Tambahan, Kemensos Dirikan 8 Titik buffer stock Longsor Luwu

SULSEL, HOLOPIS. COM – Kementerian Sosial akan segera membangun buffer stock atau lokasi penyimpanan terpusat bantuan untuk korban bencana tanah longsor dan banjir bandang di Luwu, Sulawesi Selatan.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengungkapkan, ada 8 titik yang menjadi proyeksi lokasi buffer stock tersebut. Dimana penentuan lokasi tersebut melihat masih sulitnya akses untuk beberapa lokasi yang terdampak bencana.

Pada 8 titik inilah Kemensos akan mendirikan tempat penyediaan buffer stock.  Pada setiap tempat tersebut akan disiapkan kebutuhan pokok berupa makanan siap saji, selimut, tenda gulung, family kit, matras, kasur lipat, beras, air bersih dan bbm.

“Dengan adanya buffer stock (yang mudah diakses) diharapkan kebutuhan pangan masyarakat tidak terganggu,” kata Risma, Rabu (6/10).

Risma kemudian meminta agar TNI, Polri dan pemerintah setempat bersinergi mencari rumah yang bisa diberdayakan sebagai buffer stock.

Langka tersebut sekali lagi ditegaskan oleh Risma melihat kontur wilayah di Luwu yang terdampak bencana dan sulitnya akses untuk pasokan bantuan.

“Ini harus diantisipasi. Di sini wilayahnya pegunungan dan aksesnya sulit. Harus dipastikan kebutuhan logistik masyarakat tetap bisa disiapkan, jika terjadi bencana di kemudian hari,” pintanya.

Saat meninjau secara langsung lokasi bencana, Risma mengaku turut berbelasungkawa atas meninggalnya para korban bencana tersebut. Dalam kesempatan tersebut, Kementerian Sosial kemudian memberikan santuan kepada 4 ahli waris korban meninggal dunia masing masing Rp 15 juta.

“Mudah-mudahan kondisi segera pulih, dan masyarakat bisa beraktivitas kembali,” doanya.

Kemensos sendiri dari data yang dirilis, telah menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji sebanyak 300 paket, makanan anak 600 paket, matras 200 lembar, selimut 200 lembar, family kids 200 paket, tenda gulung merah 200 paket, dan satu unit perahu karet. Nilai total bantuan ini Rp306.036.300 yang berasal dari gudang regional Makasar.

Kemudian dari Gudang Dinsos Provinsi Sulsel berupa makanan anak 100 paket, makanan siap saji 181 paket, matras 50 paket, tenda gulung merah 70 lembar, selimut : 15 lembar, kasur 30 unit, peralatan dapur keluarga 15 paket, footwear 25 paket, family kit 100 paket, kids wear 50 paket. Dengan nilai bantuan Rp138.499.123.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru