JAKARTA, HOLOPIS.COM – Aplikasi PeduliLindungi yang saat inj menjadi syarat untuk bepergian, diperlihatkan kepada para menteri kesehatan dari negara lain dalam forum ASEAN Digital Public Health.

Dengan bangga Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, menjelaskan peran dan fungsi dari PeduliLindungi dalam penanganan covid 19 di Indonesia.

“Kondisi geografis Indonesia jadi tantangan dalam penanganan Covid-19, sehingga aspek teknologi sangat diperlukan salah satunya kita menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” ujar Menkes Budi dalam forum tersebut, Rabu (6/10).

Selain dari Indonesia, ada beberapa menteri kesehatan dari negara lainnya seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Budi Gunadi juga menjelaskan fungsi dari aplikasi PeduliLindungi, mulai dari keperluan tracing hingga keperluan lainnya. “Aplikasi ini berfungsi untuk skrining, pusat vaksinasi, dan laboratorium tes PCR,” tutur Menkes Budi.

Menkes juga menjelaskan, kinerja aplikasi PeduliLindungi menggunakan barcode di lokasi tertentu yang harus dipindai saat mendatanginya, untuk memastikan kapasitas dan kesesuaian syarat yang ditetapkan untuk mendatangi tempat tersebut.