Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Hati-Hati, Jangan Mengkonsumsi Ini Saat Haid!

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menjelang haid, sebagian wanita akan mengalami kenaikan nafsu makan yang tidak terkontrol. Hal itu dapat dimaklumi, namun harus tetap berhati-hati.

Bukan hanya nafsu makan saja yang meningkat, pola makan wanita pun bisa berubah drastis, misalnya tetap ingin makan walaupun sudah kenyang, atau makan dalam porsi besar.

Menurut peneliti, hal tersebut sangat normal, karena kondisi tersebut berkaitan dengan peningkatan kadar hormon progesteron sebelum haid yang juga berdampak pada peningkatan nafsu makan. Walaupun begitu, selama nafsu makan sedang tinggi-tingginya, makanan yang dilarang saat haid tetap harus dihindari.

Dilansir dari Alodokter, Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari atau dibatasi agar terhindar dari nyeri, sakit, dan kembung saat haid.

1. Garam
Untuk yang pertama, hindari konsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi saat menjelang haid atau saat sedang haid. Hal itu bertujuan untuk mengurangi gejala kembung dan berkumpulnya cairan di pembuluh darah.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengganti konsumsi garam berlebih. Misalnya, dengan bisa mengganti camilan kentang goreng dengan kentang panggang. Kentang panggang memiliki kadar garam yang lebih rendah dari ada kentang goreng.

2. Lemak
Makanan yang mengandung lemak juga sebaiknya dihindari, karena dapat menyebabkan kembung yang cukup mengganggu pada saat haid.

Adapun makanan berlemak yang harus dihindari seperti daging berlemak, sosis, keju, daging asap dan makanan yang mengandung santan.

3. Kafein
Menjelang atau saat haid, sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. Kafein dapat memicu perasaan cemas, gelisah dan sulit tidur (insomnia).

semua hal tersebut, bisa memicu terjadinya perubahan mood, dan biasanya memicu keinginan untuk makan jadi lebih bertambah.

Kandungan dalam kafein juga mampu menyebabkan peningkatan produksi asam lambung, yang menimbulkan terjadinya sakit maag, sehingga bisa menambah rasa tidak nyaman selama haid.

Selain teh dan kopi, sebaiknya juga perlu membatasi minuman bersoda, minuman berenergi, es krim cokelat atau minuman dan makanan lain yang mengandung kafein.

4. Alkohol
Selain ketiga diatas, makanan dan minuman yang mengandung alkohol juga harus dihindari sebelum atau saat haid, karena dapat memperburuk gejala premenstrual syndrome (PMS).

Alkohol juga dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah, yang nantinya akan menimbulkan pada rasa sensitif. Jadi lebih merasa ingin cepat marah, kelelahan, gelisah, cemas dan juga menimbulkan sakit kepala.

Selain 4 di atas, salah satu jenis makanan yang sangat penting untuk dihindari menjelang haid yaitu makanan cepat saji atau junk food. Walaupun sangat lezat, makanan ini mengandung rendah nutrisi namun tinggi kalori dan tinggi garam, sehingga tidak baik untuk kesehatan, terutama bagi wanita menjelang atau saat haid.

Tips Mengendalikan Nafsu Makan Saat Menjelang Haid
Saat menjenlang haid, keinginan makan berlebihan hanya berlangsung beberapa hari saja. Setelah haid dimulai, keinginan makan biasanya kembali normal. Tips agar nafsu makan tetap terkendali saat menjelang haid, seperti :

– Memperbanyak asupan makanan berat, terutama pada buah, sayur, dan kacang-kacangan.

– Alihkan rasa ingin makan dengan minum air putih atau mengunyah permen karet

– Kunyah makanan secara perlahan

– Catat makanan yang dikonsumsi setiap harinya, agar mengetahui seberapa banyak kalori yang dikonsumsi.

– Kelola emosional dengan baik, agar tidak menambah keinginan makan yang berlebihan.

Saat haid dan rasa sakit muncul, disarankan untuk memulai olahraga yang teratur dan menerapkan pola makan yang sehat setiap harinya.

Peneliti mengungkapkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko terjadinya nyeri setiap haidnya. Lalu, konsumsi-lah makanan yang mudah dicerna dan kaya akan serat.

Saat peningkatan nafsu makan, usahakan untuk tetap memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dan hindari makanan yang dilarang saat menjelang haid, karena dapat menimbulkan rasa nyeri. Asupan nutrisi yang tepat sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asal Muasal Mitos ‘Ada yang Rindu Jika Bulu Mata Rontok’

Mitos tentang bulu mata yang rontok dan kepercayaan bahwa ada yang merindukan kita sudah ada sejak lama didengar, bahkan dipercayai di berbagai budaya.

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru