Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizGoogle Investasi USD 50 Juta Bantu Kembangkan Bisnis Startup di Afrika

Google Investasi USD 50 Juta Bantu Kembangkan Bisnis Startup di Afrika

Apa itu Google for Startups Accelerator Africa

Berdasarkan resume dari situs bisnis startup Google Accelerator, investasi ini akan digelontorkan bagi mereka yang sudah masuk kategori Seed to Series A. Di mana perusahaan startup tersebut memiliki kategori kinerja yang sudah sangat baik dan tentunya memiliki potensi pengembangan yang patut diperhitungkan untuk mendapatkan suntikan dana.

Dalam sebuah konferensi pers virtual, Sundar Pichai menyampaikan bahwa perusahaan sedang menganggarkan uang sebesar USD 1 miliar untuk program kerjasama selama lima tahun ke depan.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari TechCunch, bahwa investasi tersebut juga sekaligus digunakan untuk pemberdayaan kabel internet bawah laut, yakni Google Equiano yang digunakan untuk aksesibilitas jaringan.

Dalam tiga tahun, program akselerator telah mendukung lebih dari 80 startup dalam tahap awal hingga Seri A. Mereka juga telah memberikan bimbingan dan sumber daya tanpa ekuitas alias bagi hasil.

Sebagai gambarannya, Google for Startups Accelerator Africa telah menerima startup seperti Twiga, Paystack, dan Piggyvest dan secara kolektif, 80 lebih startup ini telah mengumpulkan lebih dari USD 100 juta modal ventura.

Modal ventura adalah adalah suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha untuk jangka waktu tertentu.

Memang, program pendanaan dari Google for Startups Accelerator Africa dan Black Founders Fund akan berlaku selama 3 (tiga) bulan saja. Dan selama pendanaan berjalan, perusahaan startup yang didukung akan mendapatkan berbagai keuntungan, antara lain ; bantuan monitoring dari tim ahli Google lebih dari 20 orang, pelatihan khusus tentang desain, pemasaran dan kepemimpinan.

Selain itu, perusahaan startup juga akan mendapatkan dukungan taktis pada perusahaan dan strategi produk yang akan digarap, dukungan dari produk-produk yang dimiliki oleh Google selama ini seperti Google Analytic, Google Bisnis dan sebagainya. Kemudian perusahaan juga akan mendapatkan pendampingan para pakar dan mitra bisnis Google agar produk startup semakin meningkat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.