JAKARTA, HOLOPIS.COMPresiden Joko Widodo menyebut bahwa kiprah Tentara Nasional Indonesia (TNI) tidak hanya sekedar alat untuk menjaga kedaulatan negara dari berbagai ancaman internasional.

“Prajurit-prajurit TNI tidak sekadar menjadi penjaga utama kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI,” kata Presiden Jokowi, Selasa (5/10).

Akan tetapi, TNI juga merupakan alat yang bisa bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia untuk membantu mengatasi kesulitan yang dialami, termasuk dalam hal ini penanggulangan pandemi Covid-19.

Peran aktif TNI dalam membantu distribusi vaksin hingga ikut melakukan vaksinasi kepada masyarkat, distribusi bantuan sosial sebagai jaring pengaman ekonomi bagi masyarakat yang terdampak pandemi, dan sebagainya.

“Tapi juga bisa diandalkan untuk membantu masyarakat menghadapi tantangan bangsa yang lain, dari bencana alam sampai pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Karena fungsi dan distribusinya bagi bangsa dan negara itu, Presiden Jokowi menyampaikan rasa terima kasihnya yang sangat besar kepada militer Indonesia, khususnya di momentum hari ulang tahun TNI yang ke 76 tahun.

“Terima kasih TNI,” pungkasnya.