PAPUA, HOLOPIS.COM – Presiden Joko Widodo meresmikan terminal baru Bandara Mopah di Kabupaten Merauke, Papua pada Minggu (3/9).

“Bandara Mopah Merauke yang berada di ujung paling timur Indonesia ini terus kita kembangkan,” ujar Jokowi.

Pengembangan bandara sendiri merupakan bentuk dukungan Kementerian Perhubungan dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 dan Pekan Paralimpiade Nasional (Papernas) XVI di Papua.

Jokowi berharap, keberadaan terminal baru ini dapat meningkatkan pelayanan kualitas untuk penumpang. Ke depan, lanjutnya, kapasitas terminal bandara akan terus ditingkatkan untuk mengantisipasi peningkatan mobilitas masyarakat dan aktivitas ekonomi yang ada.

Peresmian ditandai dengan pemukulan tifa, alat musik tradisional Papua, dan penandatangan prasasti.

Selain menghadiri peresmian terminal baru Bandara Mopah, Jokowi juga dijadwalkan untuk meresmikan Pos Lintas Batas Negara Sota di Kabupaten Merauke.

Selain itu, Jokowi juga dijadwalkan meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat dan pelajar di Merauke dan meresmikan RS Jenderal TNI L.B Moerdani.

Serangkaian kegiatan Kepala Negara hari ini dilakukan usai Jokowi resmi membuka gelaran PON Papua ke-20 yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Jayapura, Sabtu (2/10) malam.