Pemerintah santai saja

Di sisi lain, tokoh agama ini menyebut bahwa tak bisa ditampik bahwa isu tentang kebangkitan PKI akan selalu digalang oleh sekelompok orang untuk mendelegitimasi pemerintah. Hal ini karena unsur ketidaksukaaannya pada pemerintah yang berjalan saat ini.

“Suka dan tidak suka itu wajar dalam negara demokrasi, kita tidak bisa memuaskan semua orang. Tapi kalau ada penggalangan isu PKI untuk menjatuhkan pemerintah, sebaiknya pemerintah biasa saja, ikut mendengarkan saja mereka mau berbuat apa, mencatat saja, karena memang itu kan event tahunan,” paparnya.

Bagi Habib Syakur, semua rakyat Indonesia saat ini sudah cerdas memilah mana narasi yang memang untuk seremonial dan refleksi, serta mana narasi yang bertujuan untuk kepentingan politik golongan semata.

“Kemungkinan PKI bangkit kembali itu sudah tidak mungkin karena rakyat sudah makin cerdas, semakin jeli dan teliti. Apalagi Presidennya dengan sepenuh hati mengabdi dan mengayomi rakyat, makanya tidak gampang paham-paham radikal dan PKI bisa mengjangkit ke negeri kita tercinta,” pungkasnya.