JAKARTA, HOLOPIS.COM Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Gerindra, Rachel Maryam Sayidina menyampaikan apresiasinya kepada Prabowo Subinato, yakni terkait dengan kesigapan Menteri Pertahanan Republik Indonesia tersebut dalam menyikapi keberadaan kapal asing China di peraian Laut Natuna.

“Pak Prabowo sangatlah sigap dan antisipatif terhadap adanya kapal asing China yang memasuki wilayah NKRI di laut Natuna,” kata Rachel, Senin (20/9).

Ia juga memandang bahwa kesigapan Menteri Pertahanan ini tidak bisa serta merta dilepaskan dari pengalamannya sebagai militer Indonesia, bahkan Prabowo adalah panglima perang di masanya menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) TNI Angkatan Darat.

“Strategi dan langkah pak Menhan tentu tidak terlepas dari pengalaman beliau di dunia kemiliteran. Beliau paham apa yang dibutuhkan negara untuk menjaga kedaulatan termasuk di Laut Natuna,” ujarnya.

Mantan aktris ini menilai, bahwa kasus seperti ini bukan kali pertama terjadi, sehingga perlu ada keseriusan seluruh stakeholder yang ada.

“Kejadian ini sudah beberapa kali berulang, (maka) dibutuhkan langkah-langkah strategis untuk mencegah hal ini demi keutuhan negara kita,” tandas Rachel.

Sebelumnya, Menhan RI Prabowo Subianto berhasil membawa pulang teknologi kapal perang canggih jenis Fregat tipe Arrowhead 140 dari Inggris, yang nantinya PT. PAL Indonesia (Persero) dapat memproduksi jenis kapal tersebut untuk dipergunakan oleh TNI AL demi menjaga teritori NKRI.