Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ketua MPR Minta Aparat Abaikan Dulu HAM Demi Sikat KKB Papua

JAKARTA, HOLOPIS.COM Aksi penyerangan dan perusakan hingga pembunuhan yang dilakukan oleh KKB Papua terhadap masyarakat di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua kembali membuat geram Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Ketua MPR RI tersebut akhirnya mendorong lagi pemerintah dan seluruh aparat keamanan di Indonesia untuk mengambil langkah lebih tegas dalam menindak kelompok tersebut. Bahkan soal urusan Hak Asasi Manusia (HAM) yang sering menjadi perdebatan di kalangan masyarakat agar dikesampingkan terlebih dahulu.

“Sekali lagi saya tegaskan, sikat habis (KKB di Papua), urusan HAM kita bicarakan kemudian, jangan ragu bertindak hanya karena persoalan HAM. Utamakan keselamatan rakyat Indonesia,” kata Bamsoet di Jakarta, Minggu (19/9).

Ia mengaku sangat miris ketika pembakaran fasilitas publik dan kesehatan di Distrik Kiwirok tersebut diserang habis oleh kelompok KKB. Apalagi di dalam peristiwa tersebut, satu tenaga kesehatan bernama Gabriela Meilan tewas, sementara beberapa yang lain diduga mengalami pelecehan.

Politisi Partai Golkar ini mengatakan, bahwa Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNB-OPM) sudah mengakui tindakan tersebut adalah bagian dari aksi mereka. Sehingga menurut Bamsoet, tidak ada alasan bagi bagi TNI dan Polri untuk tidak segera menumpas habis para teroris biadab kelompok kriminal bersenjata di Papua.

“Ke mana suaranya para aktivis HAM dan aktivis perempuan? Kenapa ketika saudara sebangsanya di bunuh dan diperkosa secara brutal, mereka diam? Namun ketika aparat negara menumpas para pelaku (KKB di Papua), mereka teriak soal HAM?,” katanya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kapolri Puji Kekompakan TNI Polri Sukses Selamatkan Pilot Susi Air

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan rasa syukur atas suksesnya misi penyelamatan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens dari sanderaan KKB Papua.

Ngasiman Djoyonegoro Apresiasi Negara Sukses Bebaskan Pilot Susi Air

Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro memberikan apresiasi kepada Menhan Prabowo Subianto, TNI, dan Polri yang telah berhasil membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Kejagung Sukses Lelang Barang Rampasan Hingga Rp 13 Miliar

Badan Pemulihan Aset Kejaksaan Agung berhasil melakukan proses lelang barang rampasan Skandal Pelabuhan atas nama terpidana Leslie Girianza Hermawan yang juga Direktur PT. Eldin Citra.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru