Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Inggris Tawarkan Peningkatan Big Data Untuk Kemenkumham

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pemerintah Inggris mengklaim siap membantu pemerintah Indonesia dalam hal ini Kemenkumham untuk peningkatan kapasitas, salah satunya Big Data.

Dalam penawaran yang diberikan juga, Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins, bahkan mengatakan siap memberikan penambahan kemampuan pegawai Kemenkumham. Dimana, belajar dari kasus over kapasitas yang sering terjadi dan terakhir terbakarnya Lapas Tangerang, dinilai perlu adanya peningkatan kapasitas secara keselurhan.

“Kami sangat senang apabila dapat bekerja sama dengan Kemenkumham meningkatkan kapasitas pegawai Kemenkumham, baik itu dalam bentuk beasiswa, pelatihan penanganan narapidana kasus narkoba, kekayaan intelektual, big data, bahasa Inggris, maupun peningkatan kapasitas lain yang dibutuhkan Kemenkumham,” ujar Owen saat melakukan pertemuan secara virtual dengan Menkumham Yasonna Laoly, Kamis (16/9).

Yasonna sendiri mengungkapkan keinginannya untuk dapat meningkatkan kerja sama dengan Pemerintah Inggris di berbagai bidang yang menjadi tugas dan fungsi Kemenkumham, seperti bantuan hukum timbal balik/Mutual Legal Assistance (MLA), ekstradisi, kekayaan intelektual, imigrasi, peraturan perundang-undangan, dan hak asasi manusia.

“Dan yang tidak kalah penting terkait peningkatan kapasitas pegawai. Kami telah mengirimkan pejabat kami untuk melanjutkan studi di Inggris. Semoga nantinya semakin banyak program beasiswa, maupun pelatihan lainnya yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan (pegawai), sehingga dapat menjalankan tugasnya secara profesional,” bebernya.

Di akhir pertemuan, ke duanya sepakat untuk membahas lebih lanjut program kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Inggris, di bidang tugas dan fungsi Kemenkumham.
“Sepertinya kita perlu ngopi bareng untuk membicarakan lebih lanjut Pak Menteri,” canda Owen.

Untuk diketahui, sejak tahun 2009, Pemerintah Inggris melalui Jakarta Center for Law Enforcement Cooperation (JCLEC) telah membantu Kemenkumham dalam melakukan reformasi di bidang Pemasyarakatan.

Berbagai pelatihan telah dilakukan untuk meningkatkan kapasitas Petugas Pemasyarakatan dalam membina narapidana.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru