Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

PBNU Nyatakan Semua Agama Benar dalam Konteks Berbangsa, Bukan Teologis

JAKARTA, HOLOPIS.COM Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faishal Zaini mencoba meluruskan apa yang kurang tepat dari statemen Panglima Komando Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Dudung Abdurrachman, yakni tentang semua agama sama-sama benar di Mata Tuhan.

Ia menyebut bahwa semua agama memang sama dalam konteks berbangsa dan bernegara, yakni sama-sama mengajarkan kebaikan kepada para pemeluknya.

“Kita harus memahaminya dari sudut pandang kebangsaan dan kenegaraan. Semua agama sama, dalam konteks semua agama mengajarkan kebaikan. Spirit ini yang harus kita pahami bersama,” kata Helmy dalam keterangannya, Rabu (15/9).

Namun kesamaan dan kebenaran agama tidak bisa dimasukkan dalam konteks teologis. Karena menurutnya, kebenaran agama menjadi ranah privat masing-masing pemeluknya.

“Tentu dałam konteks kebenaran, secara teologis itu ada di dalam keyakinan masing-masing. Itu prinsip akidah,” ujarnya.

Mengapa agama dianggap benar dalam konteks berbangsa dan bernegara, karena dari sisi nilai universil agama mengajarkan kebaikan, bagaimana melakukan lomba dalam untuk memberikan manfaat yang positif bagi sesama.

“Konteks kehidupan berbangsa dan bernegara yang bineka, kebenaran agama dikontekstualisasikan dalam wujud perbuatan baik dan sinergi bersama untuk membangung bangsa dan negara,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Helmy juga memberikan penjelasanya tentang sikap merasa paling benar dalam beragama. Menurutnya, sikap tersebut harus dihindari dalam konteks kebangsaan. Sebab, sikap tersebut akan melahirkan fanatisme yang akan menganggap semua yang ada di luar keyakinanya adalah salah.

“Diperlukan watak inklusivisme dalam beragama. Agama menjadi sumber yang menginspirasi lahirnya apa yang disebut sebagai perbuatan baik yang tercermin dalam wujud kesalehan ritual dan kesalehan sosial. Maka, implementasi ketakwaan itu selain ibadah ritual kita semakin bagus, juga tercermin dalam relasi sosial, sedekah dan sikap kedermawanan,” kata Helmy.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kapolri Puji Kekompakan TNI Polri Sukses Selamatkan Pilot Susi Air

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan rasa syukur atas suksesnya misi penyelamatan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens dari sanderaan KKB Papua.

Ngasiman Djoyonegoro Apresiasi Negara Sukses Bebaskan Pilot Susi Air

Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro memberikan apresiasi kepada Menhan Prabowo Subianto, TNI, dan Polri yang telah berhasil membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Kejagung Sukses Lelang Barang Rampasan Hingga Rp 13 Miliar

Badan Pemulihan Aset Kejaksaan Agung berhasil melakukan proses lelang barang rampasan Skandal Pelabuhan atas nama terpidana Leslie Girianza Hermawan yang juga Direktur PT. Eldin Citra.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru