KOREA, HOLOPIS.COM – Presiden Korea Selatan, Moon Jae In, memberi kepercayan kepada boyband BTS sebagai Special Presidential Envoys for Future Generation and Culture. Artinya, BTS berhak untuk memegang paspor diplomatik. Dengan paspor diplomatik itu, memungkinkan BTS bepergian ke 199 negara tanpa visa.

Sedangkan jika bepergian ke beberapa negara, seperti Ghana, Sudan, Libya, Yaman, Afghanistan, Bhutan, Kuba, dan Nigeria pengguna paspor diplomatik harus menggunakan visa.

Biasanya paspor diplomatik ini, dikeluarkan untuk diplomat dan pekerja konsul yang ditempatkan di luar negeri, serta individu yang dipekerjakan pemerintah yuridiksi tertentu.

paspor
Paspor diplomatik yang diberikan kepada BTS. (Ist)

Keuntungan menggunakan paspor diplomatik, yakni memiliki jalur diplomatik bandara dan tidak akan dikenakan penundaan waktu dan pemeriksaan pelanggan. Lalu di bawah hukum internasional, pemegang paspor dalam memiliki kekebalan diplomatik.

Tidak hanya itu, mereka juga akan dibebaskan dari pajak yang mungkin timbul dalam perjalanan darat maupun udara, dan bisa menikmati gerakan dan aktivitas yang leluasa secara internasional dengan persyaratan imigrasi yang lebih ringan.

Pada 19-23 September 2021, BTS akan melakukan perjalanan bersama Presiden Moon Jae In sebagai utusan diplomatik ke Amerika Serikat. BTS juga akan menjadi honorary speakers dalam Sidang Umum PBB untuk menyampaikan pesan harapan pad kum muda di seluruh dunia.