Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Foto Tentara AS Terakhir yang Tinggalkan Kabul, Menjadi Simbol Berakhirnya Invasi Amerika di Afghanistan

“C-17 terakhir lepas landas pada 30 Agustus pukul 15.29 (EDT) dan pesawat berawak terakhir saat ini telah meninggalkan wilayah Afghanistan,” kata Jenderal McKenzie, kepala Komando Pusat AS.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan, misi diplomatik AS ke negara itu untuk sementara akan beroperasi dari Doha dan Qatar. Ia mengatakan, saat ini Amerika tengah memasuki “babak baru” dalam hubungannya dengan Afghanistan.

skynews us afghaistan kabul 5495894
Bom bunuh diri ISIS-K di Kabul yang menewaskan 13 tentara AS dan puluhan warga Afghanistan. (Foto: AP)

Juru bicara Taliban Qari Yusuf mengatakan bahwa Afghanistan telah mengklaim kemerdekaannya. Dilansir dari Al Jazeera TV, kelompok Taliban menembak ke udara untuk perayaan.

Presiden Joe Biden mengatakan ia akan berbicara kepada rakyat Amerika pada Selasa (31/8) sore. tetapi dalam sebuah pernyataan memuji “keberanian, profesionalisme, dan tekad”

Meski demikian, Jenderal McKenzie mengatakan, sebagian besar orang memang berhasil meninggalkan Afghanistan. Namun tidak semua orang berhasil keluar, dan cara diplomatik akan segera dilakukan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jepang Lakukan Peringatan Bencana Karena Hujan Deras

Para pihak berwenang di Jepang meminta puluhan ribu orang untuk mengungsi dari wilayah Ishikawa pada hari Sabtu (21/5).

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru