Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Risiko Penggumpalan Darah Lebih Tinggi Pada Penderita Covid-19 Dibandingkan Efek Vaksin

JAKARTA, HOLOPIS.COM Akibat informasi dan pemberitaan yang tersebar, banyak masyarkat yang hingga saat ini masih ragu menerima vaksin karena kekhawatiran efek samping penggumpalan darah.

Baru-baru ini, sebuah hasil studi menunjukkan bahwa meskipun memang ada risiko penggumpalan darah setelah menerima suntikan vaksin Covid-19, namun risiko penggumpalan darah jika terinfeksi Covid-19, justru jauh lebih besar.

Penelitian dilakukan dari 29 juta orang yang telah menerima suntikan vaksin Covid-19.

Dilansir dari Skynews, dalam sebuah Jurnal Medis Inggris, para peneliti menemukan bahwa dalam jangka waktu singkat setelah menerima suntikan pertama, seseorang memiliki risiko mengalami penggumpalan darah.

Namun, mereka juga menuliskan bahwa dalam jangka waktu yang lebih panjang, penggumpalan darah dapat terjadi setelah terinfeksi virus corona.

Profesor Epidemiologi Klinis dari Universitas Oxford, Julia Hippisley-Cox mengatakan, “Masyarakat harus mengetahui jika mengalami efek samping setelah vaksin Covid-19. Mereka harus langsung minta bantuan secara medis. Namun harus diketahui bahwa resiko kesehatan jauh lebih besar dalam jangka panjang, jika terinfeksi Covid-19”.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru