Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Lulusan SMK Dapat Menjadi Solusi untuk Kemajuan Wisata Daerah

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pandemi Covid-19 telah berdampak pada berbagai aktivitas masyarakat, tak terkecuali dunia pendidikan. Pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pun akhirnya harus melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring (online). Namun meski dengan kondisi belajar yang berubah, siswa SMK dan sekolah tetap dituntut memiliki prestasi yang baik.

Lulusan SMK merupakan solusi untuk menyiapkan tenaga kerja yang terampil sesuai kebutuhan daerah. SMK Karya Nasional Kuningan dan SMK Muhammadiyah 3 Singosari merupakan sekolah menengah kejuruan yang berada di wilayah Jawa Tengah, telah bersiap melahirkan sumber daya manusia andal mendukung kemajuan wilayah Jawa Tengah.

SMK Karya Nasional Kuningan memiliki delapan jurusan atau kompetensi keahlian, yakni Teknik Komputer Jaringan, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik & Bisnis Sepeda Motor, Teknik Pemesinan, Teknik Pengelasan, Teknik Perbaikan Bodi Otomotif, Teknik Audio Video, serta Akuntansi dan Keuangan Lembaga.

SMK Karya Nasional Kuningan menjadi SMK yang dipercaya oleh pemerintah Jawa Barat untuk melaksanakan program SMK Membangun Desa. Melalui program ini pemerintah bertujuan untuk mendorong kepala sekolah untuk terus menghadirkan inovasi yang dapat diterapkan untuk membangun desa – desa di Jawa Barat. Selain itu, siswa juga diharapkan untuk dapat menciptakan lapangan kerja di desanya.

Program SMK Membangun Desa yang dijalankan oleh SMK Karya Nasional Kuningan selaras dengan inovasi Pemerintah Daerah Provinsi Jabar yaitu Desa Juara. Adapun Desa Juara sendiri memiliki tiga pilar, yakni digitalisasi layanan desa, One Village One Company (OVOC) dan Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa). Ketiga pilar tersebut menjadi dasar dalam merumuskan sejumlah program, seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Jembatan Gantung Desa (Jantung Desa), Jalan Mulus Desa, dan Sapa Warga.

Sampai saat ini, SMK Karya Nasional Kuningan sudah menjalin kerja sama dengan 27 desa di Kabupaten Kuningan. Adapun kerjasama yang terjalin diantaranya program Gerebeg Masjid, pelatihan kewirausahaan bidang webpreneur, teknologi pengelasan, serta pelayanan servis alat dan mesin pertanian.

Salah satu program dari SMK Membangun Desa adalah pengelolaan desa wisata. Kabupaten Kuningan sebagai salah satu destinasi wisata, memiliki beberapa desa wisata yang hampir seluruhnya dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yang kepengurusan didalamnya berjalan tanpa adanya analisis kebutuhan SDM. Untuk itu SMK menerjunkan SDM yang dibutuhkan untuk menjalankan unit – unit usaha di BUMDes tersebut tanpa mengesampingkan putra – putri daerah di desa tersebut, hampir seluruh siswa SMK Karya Nasional yang diterjunkan adalah siswa dari desa asal yang sedang menjalankan program BUMDes nya.

“Selain mendapatkan pendidikan teori, kami berharap dengan adanya program SMK Membangun Desa ini menjadikan siswa SMK berkarakter dan punya bekal untuk kehidupan mereka ke depan. Desa juga merupakan pusat peradaban kelompok masyarakat yang menunjang kelompok lainnya sehingga sangat besar kaitan satu sama lainnya dan banyak bidang di desa yang memerlukan sentuhan teknologi SMK yang sudah berkembang. Semoga program ini bisa terus dijalankan kembali,” ucap Adis Susanto, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Marketing SMK Karya Nasional Kuningan.

Sementara itu wilayah Malang memiliki SMK Muhammadiyah 3 Singosari, sekolah yang memiliki enam kompetensi keahlian ini dipilih menjadi SMK Pusat Keunggulan (Centre of Excellence) pada kompetensi keahlian Perhotelan. Keunggulan kompetensi keahlian Perhotelan yang dimiliki SMK Muhammadiyah 3 Singosari sesuai dengan potensi daerah seperti wisata, industri kreatif, jasa perhotelan dan tata boga.

Program SMK Pusat Keunggulan yang dijalankan sekolah juga mendukung lahirnya lulusan yang berkualitas, pihak sekolah mendapatkan fasilitas pendukung seperti ruang praktik laundry, kitchen, virtual class perhotelan dan tata boga, hingga workshop pelatihan guru untuk sinkronisasi kurikulum.

SMK Muhammadiyah 3 Singosari juga telah bermitra dengan beberapa hotel di daerah Malang untuk menyerap lulusannya, diantaranya adalah Purnama Hotel, Aria Gajayana Hotel, Whize Prime Hotel, Shanaya Hotel, Savana Hotel, Santika Hotel, Sahid Montana Hotel, El Royal Hotel Batu, Baobab Hotel, Fariz Hote, dan Solaris Hotel Malang.

“Lulusan SMK bidang perhotelan menjadi bagian dari sumber daya manusia yang dibutuhkan pengembangan wisata Malang. Pendidikan di sekolah menjadi jalan keluar untuk menyiapkan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia kerja, kami memfasilitasi siswa dengan kegiatan familiar dengan dunia usaha dan dunia kerja,” ucap Narti, Wakil Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 3 Singosari.

Untuk melahirkan lulusan yang berkualitas, pihak pemerintah juga melakukan kerjasama untuk peningkatan kapasitas tenaga pendidik. Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia bekerja sama dengan Dyandra Academy (PT Dyandra Promosindo) menghadirkan Digital Marketing Development Program dalam hal ini untuk pengembangan kemampuan praktis guru dan tenaga pendidik SMK di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya pada tanggal 14 – 25 Juni 2021.

Melalui tenaga pendidik yang berkualitas, strategi pemerintah menciptakan SDM unggul melalui sekolah kejuruan sangat bermanfaat bagi iklim dunia usaha dan industri di Indonesia.

“Program Dyandra Academy dengan Dirjen Vokasi Kemendikbud yang ditujukan untuk tenaga pendidik ini merupakan upaya untuk menyesuaikan takaran kemampuan guru / tenaga pendidik dengan standar industri dan tentu saja akan semakin menambah jumlah guru produktif yang ada saat ini. Dengan demikian, proses pembelajaran yang baik akan terjamin di sekolah sehingga bisa menghasilkan generasi berketerampilan yang memungkinkan terjadinya bonus demografi Indonesia di tahun 2030,” ucap Rumpoko, Director Dyandra Academy.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kemendikbudristek Berhasil Turunkan Disparitas Akses Pendidikan Selama Satu Dekade

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kemendikbudristek berhasil turunkan disparitas akses pendidikan...

Donald Trump Nyaris Dibunuh Lagi, Pelaku Langsung Ditangkap

Mantan Presiden AS sekaligus kandidat Pilpres 2024 Donald Trump kembali nyaris menjadi korban penembakan.

Ada Aroma Adu Domba Prabowo dan Gibran, Mulai Fufufafa Hingga Private Jet

Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid menduga ada operasi yang tengah dijalankan oleh kelompok tertentu yang bertujuan untuk mengganggu agenda nasional, khususnya menjalang transisi kepemimpinan Jokowi ke Prabowo.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru