HOLOPIS.COM Kelompok Taliban memberikan perintah kepada seluruh wanita Afghanistan agar tetap berada di rumah, karena mengakui bahwa para wanita masih tidak aman jika bertemu dengan tentara militan mereka.

Juru bicara Taliban, Zabiullah Mujahid mengatakan dalam konferensi persnya, bahwa wanita disarankan untuk tidak pergi bekerja demi keselamatan mereka.

Hal tersebut tentu saja melukai usaha mereka dalam meyakinkan dunia internasional bahwa grup mereka telah lebih toleran terhadap wanita.

Instruksi tersebut muncul di hari yang sama saat Bank Dunia menahan pembiayaan id Afghanistan, dikarenakan kekhawatiran atas keamanana nasib wanita di sana. Hal tersebut dilakukan dalam beberapa jam setelah PBB menyerukan sebuah penyelidikan yang transparan dan cepat, atas laporan pelanggaran hak asasi manusia sejak kekuasaan Afghanistan diambil alih oleh Taliban.

Mujahid mengatakan, himbauan untuk para wanita agar tetap berada di rumah hanyalah bersifat sementara. Dia mengatakah pihaknya akan mencari cara untuk memastikan agar perempuan tidak diperlakukan dengan cara yang tidak sopan hingga melukai.