JAKARTA, HOLOPIS.COM – Wakil Presiden AS Kamala Harris yang dijadwalkan menuju Vietnam pada hari Selasa (24/8), dikabarkan sempat ditunda selama tujuh jam. Hal tersebut dikarenakan sebuah laporan mengenai sebuah insiden kesehatan “anomali”.

Istilah itu biasanya digunakan oleh pemerintahan AS untuk merujuk pada sindrom misterius “Havana” yang telah membuat ratusan pejabat AS sakit selama beberapa tahun terakhir.

“Tadi malam, delegasi perjalanan Wapres ditunda keberangkatannya dari Singapura. Karena kantor Wapres menerima laporan mengenai kemungkinan kemungkinan adanya anomali kesehatan baru-baru ini di Hanoi, Vietnam. Setelah penilaian yang cermat, perjalanan Wapres akhirnya kembali dilanjutkan” demikian pernyataan dari Rachael Chen, juru bicara kedutaan AS di Hanoi, Vietnam.

Kamala Harris akhirnya berangkat dari Singapure pada pukul 7.32 waktu setempat setelah ditunda beberapa jam.
Dalam konferensi pers Gedung Putih, sekretaris pers, Jen Psaki menjelaskan keselamatan Kamala Harris di Vietnam
“Wakil presiden tidak akan melakukan perjalanan ke suatu negara jika tidak ada kepercayaan pada keamanannya di lapangan” kata Psaki.

Meski demikian Psaki tidak menjelaskan lebih jauh mengenai detail keamanan perjalanan Kamala Harris.
Psaki mengatakan bahwa anggota yang diduga terkena penyakit ini, tidak melanjutkan perjalanan bersama Harris. Tetapi Psaki tidak membeberkan jumlah anggota yang terkena penyakit tersebut.