Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Partai Gerindra Harap Pemerintah Perhatikan Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19

JAKARTA, HOLOPIS.COMSekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani meminta kepada pemerintah untuk memberikan perhatian khusus terhadap anak-anak yang menjadi yatim piatu akibat pandemi Covid-19.

Apalagi, pandemi ini telah banyak merenggut banyak masyarakat dan membuat anak-anak mereka harus menjalani hidup seorang diri karena orang tuanya telah meninggal karena serangan virus korona.

Menurut Wakil Ketua MPR RI ini, bahwa perlindungan dan perhatian pemerintah kepada para anak yatim piatu tersebut sudah sesuai dengan amanat konstitusi. Di mana, fakir miskin dan anak-anak terlantar diperlihara oleh negara.

“Sebanyak 11 ribu lebih anak yatim ini harus diberikan jaminan kehidupan yang lebih baik sesuai amanat konstitusi, bahwa fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara,” kata Muzani dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (23/8).

Perlu diketahui sekilas, bahwa berdasarkan laporan dari Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, bahwa pihaknya telah menyiapkan skema anggaran untuk anak-anak yatim piatu ini. Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19, sebanyak 11.045 anak-anak di Indonesia menjadi yatim piatu karena orang tuanya wafat akibat Covid-19.

Atas rencana baik pemerintah melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia ini, Muzani juga meminta kepada pemerintah agar memastikan anak-anak yatim tersebut diberikan akses pendidikan untuk menata masa depannya. Sebab, ia tidak ingin anak-anak tersebut menjadi terlantar.

“Negara harus menjamin pendidikan bagi anak-anak yatim ini. Jangan sampai mereka terlantar dan tidak menjadi generasi yang tak berpendidikan, karena itu akan membuat mereka sulit dalam mencari masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Muzani pun mengimbau kepada masyarakat yang memiliki kelebihan ekonomi untuk turut memberi bantuan kepada mereka membutuhkan.

Meskipun itu tanggung jawab negara, namun hal tersebut juga menjadi tanggung jawab semua masyarakat Indonesia dalam membantu mereka apakah secara kelembagaan atau perorangan. Saling membantu dan memberi adalah tradisi yang telah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia.

“Kita sesama manusia wajib saling bantu membantu tanpa melihat latar belakang budaya, agama, suku dan ras. Untuk itu saya mengimbau kepada masyakarat yang memiliki kelebihan ekonomi dan materi untuk menyisihkan dan berbagi kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan seperti anak-anak yatim piatu yang ditinggal oleh orang tuanya akibat Covid-19, yang jumlah mencapai puluhan ribu,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru