Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

KRI Golok Siap Jadi Penjaga Wilayah Rawan Strategis

JAKARTA, HOLOPIS.COM Alutsista TNI Angkatan Laut (AL) bertambah lagi, dengan diluncurkannya KRI Golok-688 oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Nama KRI Golok sendiri diambil dari ama sebuah senjata tradisional Nusantara yang dikenal sebagai senjata serba guna.

“Dinamai senjata, karena KRI Golok merupakan jenis kapal cepat yang harapannya bisa digunakan melaksanakan setiap tugas operasi militer, baik perang maupun non-perang dengan kecepatan tinggi,” tutur kata KSAL di galangan kapal PT Lundin Industry Invest, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (21/8).

Kapal perang tersebut merupakan kapal perang asli buatan Indonesia, yang dibuat oleh PT Lundin Industry Invest di Banyuwangi.KRI Golok-688 ini juga disebut, sebagai apal rudal siluman terbaik di dunia.

“KRI Golok merupakan jenis kapal cepat rudal memiliki kecepatan tinggi dan nanti akan dilengkapi persenjataan dan rudal. Sebagai kapal cepat rudal, geraknya harus berkecepatan tinggi, yang tugasnya hit and run,” kata KSAL.

kapal perang
KRI Golok 688.

Dengan desain yang berbentuk lancip, KRI Golok dirancang untuk melaju cepat. Selain itu, kapal ini juga dibuat dengan bahan komposit serat karbon yang membuatnya sulit dideteksi oleh radar musuh.

Secara keseluruhan, KRI Golok memiliki panjang 62,53 meter, lebar 16 meter, dengan tinggi kapal dari draft 18,7 meter dengan bobot 53,1 ton.

Kapal perang ini juga dipersenjatai meriam 30 mm dan senapan 12,7 mm serta mampu mengangkut 25 ABK. Kecepatan maksimum yang bisa dicapai adalah 28 knots dengan kecepatan jelajah 16 knots.

Rencananya KRI Golok akan ditempatkan, di wilayah yang rawan strategis.”Akan kami tempatkan dan operasionalkan di wilayah yang rawan strategis. Rencananya bisa di wilayah perbatasan Natuna dan Ambalat,” jelas KSAL.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Bali International Air Show 2024 Sukses Pamerkan Kemajuan Penerbangan dan Kedirgantaraan RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pameran Kedirgantaraan Bali International Airshow (BIAS)...

Prabowo Subianto Ingatkan Komitmen Komcad Bela Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pesan penting kepada 1.145 personel yang baru ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat TA. 2024.

Jenderal Maruli Komitmen Tingkatkan Perlindungan Terhadap Wanita dan Anak

KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal Maruli Simanjuntak menyambut positif arahan Presiden Jokowi terkait TNI Polri terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru