Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizJokowi Lirik Porang Jadi Potensi Komoditas Ekspor

Jokowi Lirik Porang Jadi Potensi Komoditas Ekspor

JATIM,HOLOPIS.COM- Presiden Joko Widodo perintahkan Menteri Pertanian untuk tangani secara serius hasil pertanian berupa porang.

Target itu diberikan Jokowi karena menurutnya ada potensi besar yang dimiliki tanaman tersebut untuk kedepannya. Dimana untuk hasil per musim tanam di musim tanam pertama bisa mencapai hasil 40 juta ton dalam kurun delapan bulan.

“Saya tadi sudah menyampaikan kepada Menteri Pertanian untuk betul-betul kita seriusi komoditas baru ini, komoditas porang,” kata Jokowi di sela sela kunjungan kerjanya di salah satu pabrik pengolahan Porang yang ada di Jawa Timur, (19/8).

Jokowi bahkan juga klaim bahwa manfaat yang ada di tanaman tersebut sudah layak jadi pengganti komoditas utama selama ini yakni beras. Faktor makanan sehat yang diketahuinya, juga sangat berpotensi untuk masukan ekonomi.

“Ini sebuah nilai yang sangat besar, pasarnya juga masih terbuka lebar. Dan kita tahu porang ini akan menjadi makanan masa depan karena low calorie, low carbo, dan juga rendah kadar gula, bebas kadar gula, sehingga saya kira ini akan menjadi makanan sehat ke depan. Ini (porang) juga bisa menjadi pengganti beras yang lebih sehat karena kadar gulanya sangat rendah,” bebernya.

Meskipun begitu, Jokowi ingatkan para petani Porang untuk bisa lebih baik dalam siapkan hasil komoditas untuk diekspor.

“Kita harapkan kita akan tidak mengespor porang dalam bentuk mentahan, tetapi seperti yang tadi kita lihat di sini, ini sudah setengah jadi, bisa jadi tepung. Dan insyaallah nanti tahun depan sudah akan menjadi barang jadi, yaitu menjadi beras porang,” pesannya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.