Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Malala Yousafzai Khawatir Nasib Perempuan Afghanistan di Bawah Kekuasaan Taliban

HOLOPIS.COM Aktivis asal Pakistan, Malala Yousafzau merasa khawatir setelah kelompok Taliban kembali menguasai Afghanistan.

Betapa tidak, seperti masih belum hilang dari ingatannya betapa brutalnya kelompok militan tersebut. Apalagi ia pernah ditembak di kepala oleh kelompok militer Taliban karena ia menggunakan suaranya dalam memperjuangkan Pendidikan untuk perempuan di negara tersebut.

Perempuan berusia 24 tahun itu mengatakan, ia sangat khawatir dengan nasib para perempuan, kaum minoritas, dan aktivis hak asasi manusia. Ia pun ingin para pemimpin dunia melakukan intervensi terhadap kekuasaan yang kini dimiliki Taliban atas Afghanistan.

“Kita melihat dengan rasa kaget ketika Taliban mengambil kontrol Afghanistan. Global, regional, dan kekuatan lokal harus melakukan gencatan senjata, berikan bantuan kemanusiaan dan selamatkan para penduduk,” kata Malala dalam sebuah unggahan di Twitter pribadinya, @Malala, Minggu (15/8).

Malala dipaksa untuk meninggalkan Swat Valley, Pakistan, saat ia diambil oleh Taliban di tahun 2008, dan para anak perempuan dilarang untuk pergi ke sekolah.

Ia memang selalu mengatakan secara umum mengenai pentingnya edukasi untuk kaum perempuan. Namun saat dalam perjalanan pulang dari sekolah, ia pun ditembak oleh penembak Taliban pada Oktober 2012 saat ia masih berusia 15 tahun.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru