Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Mahfud MD Ajak Bangsa Indonesia Tingkatkan Rasa Persatuan dan Kesatuan

JAKARTA, HOLOPIS.COMMenko Polhukam Mahfud MD mengatakan, bahwa kemerdekaan adalah sebuah wadah berkompetisi untuk meraih mimpi-mimpi bangsa Indonesia.

Karena dengan merdeka, sebuah bangsa memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk menggapai impian.

“Merdeka berarti boleh bermimpi dan terbuka peluang untuk berkompetisi meraih mimpi-mimpi alias impian,” kata Mahfud, Selasa (17/8).

Di momentum Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 76 tahun, Mahfud menilai bahwa perjuangan besar bangsa ini harus diperkuat lagi, hal ini karena adanya wabah virus Covid-19 yang melanda, bukan hanya di Indonesia saja bahkan seluruh negara di dunia.

Namun di balik kesulitan ini, sebenarnya ada sebuah hikmah yang bisa dipetik bersama, yakni solidaritas.

“Peringatan HUT Kemerdekaan RI di era pandemi Covid-19 memberi hikmah untuk menyadarkan kita bahwa solidaritas sosial harus diperkokoh,” ujarnya.

Karena menurut Mahfud, sebuah kenyamanan dan ketenangan di dalam hidup adalah bagaimana seseorang bisa menjadi makhluk sosial yang baik, saling menjaga, saling peduli dan tidak egosentris.

“Tidak ada yang bisa hidup nyaman dengan egois tanpa saling tolong menolong,” tuturnya.

Rawat nikmat kemerdekaan

Selain itu, Menteri Pertahanan Republik Indonesia era Presiden KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu menyebut, bahwa kemerdekaan Indonesia tidak hanya sekedar perjuangan para pahlawan, tapi ada sebuah nikmat yang dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia dan masa depannya.

“Indonesia merdeka atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa. Hanya Allah jua yang bisa menolong perjuangan kita merawat dan membangun negara ini,” tutur Mahfud.

Sebuah keniscayaan jika seluruh elemen bangsa Indonesia yang menikmati kemerdekaan itu bisa mengisinya dengan merawat persatuan dan kesatuan.

“Alangkah indah kebersatuan 267 juta rakyat yang hidup di lebih dari 17.500 pulau ini. Dirgahayu HUT KE 76 Negara Republik Indonesia,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru