Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Komisi X Harap Gerakan Pramuka Jadi Pionir Patuh Protokol Kesehatan

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian mengharapkan seluruh jajaran anggota Pramuka di Indonesia bisa menjadi lokomotif edukasi masyarakat untuk taat pada protokol kesehatan.

Bagaimana para adik-adik Pramuka bisa mengajak masyarakat agar patuh memakai masker, selalu mencuci tangan dengan baik dan benar serta menjaga jarak aman agar tidak mudah tertular virus Covid-19.

“Kakak-kakak pramuka dan juga adik-adik semua diharapkan menjadi pionir-pionir, karena kunci kita keluar dari pandemi adalah disiplin,” kata Hetifah dalam program RuangTamu Holopis Channel pada hari Sabtu (14/8).

Ia menegaskan bahwa upaya mengedukasi masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan tidak bisa dibebankan sepenuhnya kepada pemerintah saja, semua stakeholder harus sadar dan ikut berperan aktif mengubah perilaku masyarakat agar lebih patuh dan peduli pada kesehatannya.

“Supaya kolektif karena tidak bisa sendiri. Kalau tidak kompak, tidak disiplin, tidak mungkin kita keluar dari pandemi,” ujarnya.

Apalagi jika dilihat dari tugas dan fungsi Pramuka di dalam Pasal 4 UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, yang berbunyi ;

Gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

“Jadi tugasnya luar biasa sekali, apalagi di masa pandemi,” tandasnya.

Hetifah yang merupakan legislator dari Partai Golkar dari Kalimantan Timur itu merasa bangga dengan peran aktif Kwartir Gerakan Pramuka yang ikut aktif di masa penanggulangan pandemi Covid-19. Banyak mereka melakukan gerakan edukatif kepada masyarakat termasuk di pasar dan di tempat-tempat publik agar semua orang mau mematuhi protokol kesehatan.

“Kami merasa sangat dan salut, banyak pramuka jadi relawan dan membantu manakala ada yang mereka harus sakit atau isoman (isolasi mandiri), pramuka yang jadi garda terdepan dalam membantu. Maka saya salut pada pramuka Indonesia,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru