HOLOPIS.COM – Wakil Presidan Samsung Electronics, Jay Y Lee, yang dihukum karena kasus penyuapan dan penggelapan, dibebaskan bersyarat pada Jumat (13/8) dengan harapan agar Lee akan diizinkan untuk segera bekerja karena sebuah keputusan investasi besar sedang menunggunya.

Pria berusia 53 tahun tersebut muncul di luar Pusat Penahanan Seoul, dan mengenakan setelan abu-abu gelap. Lee tampak lebih kurus dibandingkan saat dia terakhir ditahan pada Januari lalu.

“Saya telah menyebabkan kecemasan ke banyak orang. Saya sangat meminta maaf” kata Lee kepada wartawan. “Aku mendengarkan semua kekhawatiran, kritik, dan ekspektasi tinggi dari saya. Saya akan bekerja keras”.

Dukungan untuk pembebasan bersyaratnya, baik secara politik, publik maupun dari komunitas bisnis yang lebih luas, tumbuh kecemasan bahwa keputusan strategis utama tidak dibuat di konglomerat Korea Selatan.

Dihukum karena menyuap teman mantan presiden Park Geun-hye, Lee telah menjalani kurungan selama 18 bulan dari hukuman 30 bulan yang telah direvisi. Pada awalnya ia menjalani satu tahun dari lima tahun hukuman sejak Agustus 2017, yang kemudian ditangguhkan.