Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Pemerintah Izinkan Mall Dan Rumah Ibadah Di Jakarta Untuk Beroperasi

JAKARTA,HOLOPIS.COM- Pemerintah lakukan beberapa penyesuaian dalam perpanjangan kebijakan PPKM sampai dengan tanggal 16 Agustus 2021 mendatang.

Koordinator PPKM Jawa Bali Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, setidaknya ada beberapa sektor yang akan mulai dilonggarkan mulai 10 Agustus sampai. Dimana hanya ada beberapa provinsi yang berada di PPKM Level 4 bisa melaksanakannya.

“Dalam opsi perpanjangan PPKM dilakukan mulai 10 Agustus ini terdapat dua road moap yang memiliki penyesuaian. dan diujicobakan yaitu sektor pembelanjaan mall dan industri esensial yang berbasis ekspor atau penunjangnya. Pemerintah akan melakukan uji Coba Kemukakan secara gradual,” kata Luhut, Senin (9/8).

Untuk pusat perbelanjaan berupa Mall, Luhut memberikan kelonggaran setidaknya 4 kota yang bisa beroperasi dengan penerapan protocol kesehatan ketat.

“Untuk pusat perbelanjaan di wilayah dengan level 4 dengan memperhatikan implementasi protokol kesehatan uji, coba pembukaan pusat perbelanjaan mall ini akan dilakukan di kota Jakarta, Bandung Surabaya Semarang dengan kapasitas 25% selama seminggu kedepan,” jelasnya.

Selain itu, ada Batasan umur yang boleh masuk ke dalam mall, yakni di atas 12 tahun dan di bawah umur 70 tahun.
“Dengan protokol kesehatan yang ketat. Hanya mereka yang sudah di vaksinasi Saya ulangi Hanya mereka yang sudah divaksinsi dapat masuk ke harus menggunakan aplikasi pedulilindungi,” tambahnya.

Dalam pelonggaran kali ini, Luhut juga singgung mengenai penggunaan rumah ibadah yang berada di wilayah PPKM level 4. Jika sebelumnya dilakukan larangan ibadah di rumah ibadah untuk wilayah tersebut, namun kali ini pemerintah mulai berikan kelonggaran.

“Penyesuaian di level 4 dilakukan juga tempat ibadah dalam perpanjangan mulai 10 Agustus Kabupaten di wilayah level 4 dapat melakukan ibadah dengan kapasitas maksimum 25% atau maksimal 20 orang ,” terangnya.
Sementara itu, untuk industry ekspor, pemerintah putuskan bahwa mereka telah bisa beroperasi secara penuh atau 100 persen.

“Selain itu waktu industri esensial berbasis ekspor minggu ini sudah disusun semua berbasis protokol kesehatan agar dimulai minggu depan juga ini bisa dioperasikan di kota level 4 dengan 100% staf yang dibagi minimal dalam dua shift,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru