Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Catat, Sering Ciuman Bisa Bakar Kalori

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Berciuman bibir dengan pasangan ternyata memiliki banyak manfaatnya lho. Salah satunya adalah bisa membakar kalori lebih banyak. Eh, tapi masa sih, coba kita lihat ulasannya di bawah ini.

Dikutip dari Alodokter.com, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan baik dari sisi kesehatan tubuh maupun mentalitas. Berikut adalah ulasannya.

1. Meningkatkan Hormon
Menurut penelitian, berciuman dapat membuat Anda menjadi bahagia. Ini karena aktivitas tersebut dapat merangsang otak untuk mengeluarkan hormon oksitosin, serotonin, dan dopamin.

Ketiga hormon tersebut akan membuat Anda merasakan euforia, kasih sayang dan menjadi lebih erat satu sama lain. Bahkan, berciuman juga dapat menurunkan kadar hormon kortisol atau hormon stres.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Menurut penelitian di Journal of Behavioral Medicine tahun 2016, subjek penelitian yang merasa tidak percaya diri dengan penampilan fisiknya memiliki kadar hormon kortisol atau hormon stres lebih tinggi.

Di sisi lain, berciuman dapat membantu menekan produksi hormon kortisol. Oleh karena itu, peneliti berhipotesis bahwa aktivitas positif yang satu ini dapat menjadi cara untuk meningkatkan rasa percaya diri.

3. Mengurangi Rasa Cemas
Salah satu aktivitas yang dapat menjauhkan Anda dari rasa cemas adalah berciuman. Ini hormon oksitosin yang keluar saat Anda melakukannya dapat mencetuskan reaksi tenang dan rilaks.

4. Mengurangi Nyeri Kepala
Saat berciuman, jantung akan memompa darah dengan lebih cepat. Pembuluh darah pun menjadi melebar, sehingga dapat mengurangi gejala nyeri kepala.

Selain itu, berciuman juga dapat mengurangi tingkat stres yang merupakan salah satu pemicu nyeri kepala.

5. Membakar Kalori
Jika Anda ingin membakar kalori dengan cara yang menyenangkan, cobalah rutin berciuman. Karena dengan melakukannya selama 1 menit, Anda dapat membakar sekitar 2-3 kalori.

6. Mengencangkan Otot Wajah
Berciuman akan melibatkan beberapa bagian otot wajah. Oleh karena itu, berciuman secara rutin dapat menjadi ‘olahraga’ bagi otot-otot tersebut. Alhasil, produksi kolagen akan lebih optimal sehingga otot wajah Anda akan tampak lebih kencang.

Demikian ulasan tentang ciuman yang perlu Anda tahu. Tapi ingat, lakukan ciuman ini dengan pasangan saja ya, jangan sembarangan melakukannya dengan lawan jenis. Semoga bermanfaat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru