JAKARTA, HOLOPIS.COM – Wakil Presiden AS Kamala Harris, akan mengunjungi Singapura dan Vietnam pada bulan depan, untuk memperkuat hubungan ekonomi AS dengan kawasan Indo-Pasifik, demikian dikatakan Gedung Putih dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat (30/7).

Kamala Harris akan menjadi wakil presiden AS pertama yang mengunjungi Vietnam, dan pejabat tertinggi dari pemerintahan Biden yang mengunjungi Indo-Pasifik, dan Asia secara keseluruhan. Indo-Pasifik mengacu pada wilayah yang terletak di antara Samudra Hindia dan Pasifik, berbatasan dengan Jepang, India, dan Australia.

Kunjungan itu dilakukan ketika pemerintahan AS bekerja untuk memperkuat hubungan regional dengan negara-negara Asia Tenggara, sembari berusaha mengurangi pengaruh China di kawasan tersebut dan juga secara global.

“Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Harris menjadikan kemitraan global dan keamanan negara sebagai sebuah prioritas, kunjungan ini bertujuan untuk memperdalam hubungan dengan Asia Tenggara” kata senior dan kepala juru bicara Harris, Symone Sanders(mengutip CNBC).
Gedung Putih saat ini belum memberikan detail mengenai tanggal kunjungan Harris.

Kamala Harris dijadwalkan bertemu dengan pimpinan Singapura dan Vietnam untuk membahas keamaan wilayah, perubahaan iklim, dan pandemic corona.