Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024
NewsEkobizOkupansi Hotel di Jakarta Hanya 10 Persen Selama PPKM Darurat

Okupansi Hotel di Jakarta Hanya 10 Persen Selama PPKM Darurat

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Tingkat hunian kamar (okupansi) hotel – hotel di Jakarta alami penurunan 25-40 persen, selama dua pekan penerapan PPKM Darurat oleh Pemerintah. Kondisi tersebut disampaikan langsung oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jakarta.

“Penurunannya jauh dari 25-40 persen, sekarang tinggal 10 persen okupansi terutama di hotel-hotel non bintang dan hotel-hotel kecil,” ungkap Sutrisno Iwantono, Ketua PHRI Jakarta, di Jakarta, Selasa (20/7).

Hotel yang okupansinya masih cukup tinggi, karena karena ikut program penginapan untuk nakes dan ikut program isoman bagi OTG. Namun hanya ada 20 hotel di Jakarta yang ikut dalam program tersebut, dari total 950 hotel yang ada di Jakarta.

“Mereka mungkin tetap mendapatkan tamu, tetapi sebagian besar hotel di Jakarta tidak ikut program itu,” ujar Sutrisno.

Sutrisno pun memprediksi, sektor perhotelan akan pulih pada tahun 2023. Karena selama masa transisi, pemilik atau pelali bisnis perhotelan harus melakukan inovasi demgam berbagai kondisi dan teknologi.

Harpan PHRI Jakarta untuk jangka pendek, yakni adanya “cost reduction” atau efisien mengingat belum ada permintaan (demand) dari calon tamu hotel. Pemerintah diminta memberikan berbagai kelonggaran untuk sektor perhotelan.

Sedangkan untuk jangka panjang, PHRI Jakarta berharap industri perhotelan perlu beradaptasi dengan intelijensi artifisial, menyiapkan paket-paket “staycation” keluarga, hingga mengedepankan aspek kesehatan sebagai nilai jual.

(SEL)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Donald Trump Nyaris Dibunuh Lagi, Pelaku Langsung Ditangkap

Mantan Presiden AS sekaligus kandidat Pilpres 2024 Donald Trump kembali nyaris menjadi korban penembakan.

OJK Catat Total Kredit Berkelanjutan Perbankan Rp 1.959 Triliun

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan total kredit atau pembiayaan berkelanjutan Perbankan yang telah disalurkan hingga tahun 2023 mencapai Rp 1.959 triliun.

Pasar Modal Sepekan, Ada Pencatatan 1 Obligasi di BEI

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat kinerja pasar modal di Indonesia selama sepekan terakhir, atau selama periode 9 - 13 September 2024 mengalami peningkatan. Dimana pada periode tersebut, terdapat 1 pencatatan obligasi di pasar modal.

Asmindo Sebut Pembangunan IKN Jadi Berkah Bagi Industri Mebel

Program pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) membawa angin segar bagi para pelaku usaha, khususnya para pelaku Usaha Kecil Menegah (UKM) di industri mebel dan kerajinan dalam negeri.