Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jokowi : Aturan Pembatasan Dilonggarkan Jika Kasus Covid-19 Menurun

JAKARTA, HOLOPIS. COM- Pemerintah menjanjikan akan segera melakukan pelonggaran kebijakan pembatasan yang saat ini banyak dikeluhkan masyarakat.

Namun, Presiden Joko Widodo mengajukan syarat utama apabila kebijakan tersebut harus dilonggarkan. Meskipun, selama ini dirinya selalu didesak oleh warga untuk segera melonggarkan aturan yang justru dianggap menyusahkan perekonomian.

“Hal semacam ini bisa dilakukan jika kasus penularan rendah, jika kasus kronis yang masuk ke rumah sakit juga rendah,” ungkap Jokowi, dikutip dari Setkab.go.id, Selasa (20/7).

Jokowi kemudian memberikan ancaman jika dalam pelonggaran tersebut ternyata masih abai, ini akan sangat berbahaya bagi seluruh masyarakat. Hal tersebut belajar dari kasus penyebaran COVID-19 beberapa waktu lalu.

“Bayangkan kalau pembatasan ini dilonggarkan, kemudian kasusnya naik lagi, dan kemudian rumah sakit tidak mampu menampung pasien-pasien yang ada, ini juga akan menyebabkan fasilitas kesehatan kita menjadi kolaps. Hati-hati juga dengan ini, ” pesannya.

Syarat lain yang diajukan Jokowi jika kemudian kebijakan dilonggarkan adalah dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Sebab dengan cara seperti itu yang menjadi salah satu dari syarat utama mata rantai penyebaran Covid bisa dihentikan.

“Yang paling penting, jika disiplin protokol kesehatan itu bisa dijamin terutama jaga jarak dan memakai masker. Kuncinya sebetulnya hanya ada dua sekarang ini, hanya ada dua. Mempercepat vaksinasi, sekali lagi mempercepat vaksinasi, yang kedua, kedisiplinan protokol kesehatan utamanya masker, pakai masker, ” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru