JAKARTA, HOLOPIS.COM – Guna menjaga lingkungan dan mengurangi Co2, pabrikan otomotif Hyundai akam serius untuk kembangkan kendaraan listrik di Indonesia. Hyundai berencana untuk keluarkan mobil listrik yang diproduksi di Indonesia, pada bulan Maret 2022 mendatang.

“Kenapa kita mendorong pemakaian mobil listrik? Karena memang kita ingin menjaga lingkungan dan mengurangi Co2, dan ini juga sesuai dengan kebijakan pemerintah Indonesia yang mengarah ke sana,” kata ujar Lee Kang Hyun, Chief operating Officer (COO) Hyundai Motor Asia Pacific, pada acara Investor Daily Summit 2021 (14/7).

Mulai bulan Mei 2021, Hyundai sudah memulai pilot production, dan pada akhir 2021 ini rencananya akan meluncurkan satu model mobil dengan mesin konvensional atau internal combustion engine (ICE).

“Untuk tahun depan, kita berencana mengeluarkan dua model ICE dan satu model mobil listrik. Ini sekitar Maret 2022, jadi kita akan luncurkan buatan completely knock down (CKD) di Indonesia,” ujar Lee.

Keseriusan tersebut juga ditunjukan dengan, pembangunan pabrik di Deltamas Cikarang mulai tahun 2020 lalu. Tidak tangung-tanggung, Hyundai berinvestasi hingga 1,5 miliar USD untuk membangun pabrik tersebut. Pabrik dengan luas 77 hektar tersebut, memiliki kapasitas produksi mencapai 150.000 – 200.000 unit per tahun.

(SEL)