Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Skadron Udara 15 Tempat Gembleng Siswa Penerbang Tingkat Lanjut

Militer
Komandan Skadron Letkol Pnb Dharma Tolopan Gultom, S.T., M.M.O.A.S.S.

Di Skadron Udara 15 lah para penerbang jet tempur masa depan Indonesia akan berlatih untuk menjadi seorang penerbang yang andal, mumpuni, profesional, dan adaptif. Letkol Pnb Gultom juga menyebut Skadron 15 sebagai ‘bridge’ dan awal bagi para penerbang pesawat tempur,seperti pesawat tempur Sukhoi ataupun F-16. Para calon penerbang pesawat tempur akan mendapat pelatihan dan pembekalan yang dirancang dalam sebuah program pendidikan Kursus Pengenalan Terbang Pesawat Tempur (KPTPT).

“Melalui KPTPT, mereka akan mendapat kesempatan untuk beradaptasi dengan pesawat jet tempur, bagaimana kita bisa bersikap sebagai seorang fighter, dan pelatihan mengenai dasar-dasar ilmu penerbangan yang berhubungan dengan fighter. Hal-hal tersebut harus dipahami disini (Skadron Udara 15),” jelas Danskadron 15.

Lamanya masa pendidikan yang harus ditempuh oleh seorang penerbang pesawat tempur yaitu paling lama satu tahun. Mereka akan mendapatkan rata-rata 30 jam terbang.

“Dengan 30 jam terbang itu diharapkan mereka dapat memiliki basic fundamental knowledge of fighters, sehingga mereka dapat mengetahui bagaimana karakteristik terbang dengan menggunakan pesawat tempur dan bagaimana mereka dapat catch up dengan aturan-aturan dasar pesawat tempur. Setelah itu, nantinya mereka akan mempelajari hal-hal yang bersifat advanced di satuan mereka masing-masing,” ungkap Letkol Pnb Gultom.

Selama proses pendidikan, para calon penerbang pesawat tempur berlatih dengan menggunakan pesawat T-50i Golden Eagle yang dioperasikan oleh Skadron Udara 15. Pesawat tempur ini telah menjadi bagian dari kekuatan pertahanan udara Lanud Iswahjudi sejak September 2013.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Bali International Air Show 2024 Sukses Pamerkan Kemajuan Penerbangan dan Kedirgantaraan RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pameran Kedirgantaraan Bali International Airshow (BIAS)...

Prabowo Subianto Ingatkan Komitmen Komcad Bela Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pesan penting kepada 1.145 personel yang baru ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat TA. 2024.

Jenderal Maruli Komitmen Tingkatkan Perlindungan Terhadap Wanita dan Anak

KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal Maruli Simanjuntak menyambut positif arahan Presiden Jokowi terkait TNI Polri terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru